Sukses

Kudapan Kacang Ini Bisa Tekan Nafsu Makan

Penelitian terbaru menunjukkan kacang kenari dapat menurunkan nafsu makan dan baik untuk diet menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Kacang-kacangan sudah menjadi daftar makanan sehat yang diburu banyak orang. Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan setiap orang harus menambah jenis makanan ini dalam diet harian karena mampu menahan nafsu makan berlebih.

Studi yang dilakukan California Walnut Commission, Harvard Clinical dan Translational Science Center, menemukan efek makan kacang kenari dapat menahan hasrat mengonsumsi makanan berlemak dan manis.

Periset melakukan tes pada sembilan pasien obesitas. Responden diberikan smoothie selama lima hari, disertai 14 biji kenari. Pada hari keenam, periset memantau aktivitas otak dengan MRI.

Setelah mengonsumsi smoothies dan kenari, periset memberi gambar makanan tinggi lemak, tapi bagian otak yang mengatur nafsu makan atau disebut dengan insula tidak aktif sama sekali. Para peneliti menyimpulkan bahwa memakan kacang kenari mempengaruhi reaksi insula dan menurunkan selera makan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berapa banyak kita harus kenari?

"Kenari dapat mengubah cara otak kita melihat makanan dan memengaruhi nafsu makan kita. Kami merekomendasi kenari termasuk makanan sehat," kata penulis utama studi, Olivia M Farr, dari Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston.

Seperti dilansir laman Hello Giggles, Jumat (25/8/2017), 14 biji kacang kenari memiliki sekitar 300 kalori yang dapat mengenyangkan perut. Selain memiliki beberapa nutirisi yang mengisi energi dan perut, mereka juga mengandung asam lemak omega-3 yang telah dikaitkan dapat menurunkan risiko obesitas dan diabetes.

Sebuah studi pada 2016 dari San Diego School of Medicine di University of California juga menemukan bahwa kenari adalah makanan terbaik bagi mereka yang ingin diet.

Setidaknya Anda bisa makan lebih dari 10 kacang kenari sehari untuk menjaga nafsu dan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.