Sukses

5 Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun

Liputan6.com, Jakarta Sudah mengurangi beberapa jenis makanan dan rutin olahraga, tapi berat badan tak kunjung turun? Jika hal itu terjadi pada Anda, bisa jadi ada faktor lain yang membuat bobot tak berkurang.

Berikut lima faktor yang terlupakan tapi mampu membuat berat badan tak turun, mengutip Fox News, Jumat (25/8/2017).

1. Kurang minum

Tubuh membutuhkan cairan untuk memecah lemak di tubuh. Bila pasokan cairan saja kurang, sulit bagi tubuh untuk melakukan proses biologis tersebut. Oleh karena itu, guna mendorong pemecahan lemak dalam tubuh, pastikan tubuh selalu terhidrasi.

2. Asupan lemak kurang

Menurunkan berat badan bukan berarti sama sekali tidak mengonsumsi lemak sehat. Sebuah studi mengungkapkan orang yang mengonsumsi lemak sehat secukupnya terbukti mengalami penurunan berat badan daripada yang diet rendah lemak. Kehadiran lemak membantu menjalankan fungsi tubuh sehari-hari.

3. Tak perlu turunkan berat badan

Bisa jadi penurunan berat badan tidak terjadi karena memang tubuh tidak perlu lebih kurus karena memang sudah langsing.

Keinginan menurunkan berat badan kerap dipicu oleh tekanan sosial. Saat ini anggapan ideal adalah yang memiliki indeks massa tubuh 16. Padahal angka ini menurut WHO masuk katergori sangat kurus.

 

 

 Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Makan protein berlebih

4. Lupa jalani konsep mindfulness

Mindfulness yakni tindakan memusatkan perhatian pada momen saat ini kerap dilupakan. Padahal aktivitas ini mampu mengurangi stres dan memperbaiki kesehatan secara keseluruhan.

Orang yang menjalani mindfulness, salah satunya dengan meditasi, terbukti membuat hormon dalam tubuh seimbang dan jumlah kortisol dalam darah menurun. Kondisi sehat seperti ini membuat tubuh lebih mudah menurunkan berat badan.

5. Konsumsi protein berlebih

Bila asupan protein berlebih, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak. Tak heran ya bila berat badan tak kunjung turun bila kebiasaan konsumsi protein berlebihan dalam sehari. 

 

Artikel Selanjutnya
Be Healthy: Risiko Turunkan Berat Badan Terlalu Cepat