Sukses

Google Sediakan 700 Informasi Seputar Penyakit yang Akurat

Akurasi informasi penyakit yang bakal muncul dalam Google Search ini telah ditinjau oleh pihak berkompeten.

Liputan6.com, Jakarta Saat pusing kepala sebelah melanda, sering kali seseorang mencari tahu penyebab kondisi itu terjadi. Atau saat muncul gejala sesak napas dan hidung berair, seseorang akan berselancar di internet mencari referensi seputar kondisinya. Sayangnya, kerap kali informasi di internet belum dipastikan kebenarannya.

Berangkat dari hal tersebut, mesin pencari Google bakal menyediakan informasi kesehatan yang akurat mulai dari gejala sampai perawatan penyakit dengan fitur bahasa Indonesia. Paling tidak bakal tersedia informasi atas 700 penyakit dan kondisi kesehatan yang lazim terjadi pada masyarakat Indonesia seperti disampaikan Director Google Search, Ken Tokusei.

"Kami ingin Google Search mampu membantu, mendukung masyarakat mendapatkan informasi kesehatan yang tepat. Ini adalah alat untuk membantu masyarakat memiliki keputusan tepat yang akan dilakukan selanjutnya," kata Ken di sela-sela acara Google for Indonesia di Jakarta pada Kamis (24/8/2017).

Fitur Google Search tentang informasi kesehatan yang bakal diluncurkan sebentar lagi. (Foto: Google)

Cara menggunakannya mudah, cukup mengetikkan kata kunci dari penyakit atau kondisi yang dialami di Google Search, misalnya `mata merah`. Nanti bakal muncul informasi tentang gejala penyakit tersebut.

"Jadi, masyarakat bisa tahu bahwa kondisi yang dialami itu hal yang biasa atau hal serius sehingga harus segera pergi memeriksakan ke dokter," tambah Ken.   

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Informasi yang akurat

Akurasi informasi yang bakal muncul dalam Google Search ini telah ditinjau oleh pihak berkompeten. Di Indonesia, Google bekerjasama dengan jaringan rumah sakit Mitra Keluarga.

"Seperti di negara-negara yang memiliki sudah memiliki fitur ini seperti Amerika Serikat, Brasil, dan Nigeria, kami bekerjasama dengan institusi medis setempat. Karena kondisi setiap negera berbeda-beda," tutur Ken di sela-sela acara Google for Indonesia di Jakarta.

Lalu kapan masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan fitur menarik ini? "Kita tunggu saja, dalam beberapa bulan ke depan," tutup Ken.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.