Sukses

5 Perawatan Alami yang Tak Efektif untuk Wajah

Odol dan beberapa produk perawatan kulit yang diyakini dapat membuat kulit cantik dan sehat ini ternyata tidak terbukti efektif.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara alami untuk menghilangkan jerawat membandel yang tumbuh di permukaan kulit. Salah satunya dengan mengoleskan odol atau pasta gigi pada jerawat.

Namun, rupanya hal itu hanyalah mitos belaka. Cara tersebut juga ternyata tak disarankan oleh dermatologis.

Banyak ahli dermatologis mengatakan, beberapa odol yang mengandung triclosan (obat golongan antijamur dan antibakteri) bila terpapar oleh jerawat, justru akan menyebabkan kekeringan kronis dan iritasi jangka panjang.

Untuk menghilangkan jerawat secara alami disarankan untuk menggunakan benzoil peroksida dan asam salisilat dibandingkan odol. Seperti dilansir laman Boldsky, Jumat (25/8/2017) selain odol, berikut produk rumahan yang nyatanya tidak efektif menjaga kulit tetap sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sabun batang

Sabun batang yang memiliki tekstur kasar dan tidak lembut dapat membuat permukaan kulit menjadi kasar dan merusak epidermis pada kulit. Sebaiknya Anda menggunakan sabun cair atau pilih sabun batang yang sangat lembut.

- Produk mengandung alkohol

Alkohol memang dikenal sebagai bahan yang bersifat antibakteri, tapi tak semua produk kecantikan yang mengandung alkohol baik untuk kulit Anda. Produk kulit yang mengandung alkohol dapat menyebabkan kulit semakin kering dan sensitif. 

- Loofah

Spons untuk mandi yang dikenal dengan sebutan loofah ini dapat membuat kulit sensitif Anda menjadi iritasi dan rentan jerawat. Tak jarang permukaan loofah yang kasar dapat membuat kulit jadi memerah dan mudah menarik bakteri masuk ke dalam pori-pori kulit.

3 dari 3 halaman

Minyak mineral

Minyak mineral yang dikenal sebagai produk kosmetik dapat menyumbat pori-pori dan akhirnya menyebabkan jerawat.

- Air panas

Jika Anda terbiasa mencuci muka dengan air panas, sebaiknya segera berhenti sekarang juga. Terlalu sering mencuci muka dengan air panas akan membuka pori-pori dan mengurangi kelembapan kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.