Sukses

Selalu Ingin BAB Usai Sarapan? Begini Cara Mengatasinya

Rasa ingin BAB sehabis sarapan hal yang wajar atau tidak ya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut selengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta Rasa mulas seperti ingin buang air besar (BAB) setelah sarapan ternyata hal yang normal. Namun, menjadi tidak wajar jika Anda benar-benar tidak mampu menahannya dan harus segera ke toilet.

dr. Karin Wiradarma dari Klikdokter.com, Jumat (25/8/2017) menjelaskan rasa mulas yang datang setelah sarapan terjadi karena lambung yang tadinya kecil mendadak terisi dengan makanan sehingga melebar.

"Saraf yang terdapat dalam lambung akan mengirim pesan kepada usus besar Anda bahwa lambung terlalu penuh. Sehingga isi perut perlu dikeluarkan agar mendapat ruang baru bagi makanan yang akan masuk," dr Karin menjelaskan.

Setelah mendapat pesan tersebut, usus besar akan bereaksi dan mengirimkan sinyal kepada Anda untuk pergi ke toilet. Kondisi ini disebut dengan refleks gastrokolik.

Meski Anda disarankan untuk mengosongkan isi perut, pada tahap yang normal Anda masih dapat menahan dorongan tersebut. Namun, jika BAB sudah tidak bisa ditahan dan Anda harus dengan segera mengikuti keinginannya, bisa jadi Anda mengalami irritable bowel syndrome (IBS).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa itu irritable bowel syndrome?

IBS adalah salah satu jenis gangguan pada sistem pencernaan. Beberapa gejala dari IBS adalah perut kembung, mulas, diare, dan konstipasi. Walau gejalanya dapat dirasakan sangat mengganggu, sebenarnya IBS tidak berbahaya. Hal ini disebabkan kelainan fungsional.

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir gangguan akibat IBS. dr Karin menyarankan untuk makan dalam porsi kecil tetapi sering, minum air putih minimal delapan gelas sehari, kurangi makanan yang dapat menimbulkan gas (misalnya brokoli, kol) dan hindari minuman beralkohol.

Di samping itu, batasi juga konsumsi susu dan produk turunannya, seperti keju, krim, mentega, dan yoghurt. Diharapkan dengan kiat-kiat ini, Anda tak lagi selalu ingin BAB setiap kali usai sarapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.