Sukses

Bertukar Lipstik dan 3 Benda Ini Timbulkan Masalah Kesehatan

Bagi wanita, bertukar alat makeup dan beberapa benda pribadi ini dapat mendatangkan masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita, bertukar benda pribadi seperti alat makeup jenis maskara, bedak, dan lipstik adalah hal lumrah. Namun, tak semua wanita sadar jika benda-benda ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang mengerikan.

Mengutip laman Bright Side, Kamis (24/8/2017), virus yang menyebabkan penyakit herpes rupanya mudah tertular lewat lipstik atau lip gloss. Hal ini terjadi ketika selaput lendir atau air liur mulut yang menyisa di kuas lipstik dapat bersentuhan dengan bibir lainnya. 

Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, sebaiknya gunakan tisu atau kertas untuk membersihkan kuas lipstik sebelum menggunakannya untuk menghindari kotoran dan bakteri yang mungkin saja tertinggal di sana.

Selain lipstik, berikut beberapa benda pribadi yang tidak boleh dipinjamkan atau digunakan bersama-sama untuk menghindari masalah kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Earphone

Lubang earphone yang sempit dan sulit dibersihkan dapat menjadi sarang berkumpulnya bakteri. Terlebih, jika Anda meminjamkan benda ini ke orang lain juga dapat meningkatkan risiko berpindahnya bakteri pada kotoran telinga.

Tak jarang hal ini memicu terjadinya infeksi telinga dan kondisi mengerikan lainnya. Jika Anda ingin meminjam benda ini, sebaiknya bersihkan dengan cotton bud dan oleskan cairan pembersih khusus atau alkohol. Minimal bersihkan earphone Anda seminggu sekali.

Deodoran

Meski benda ini memiliki sifat antibakteri, sayangnya permukaan bola pada deodoran bila bersentuhan dengan kulit orang lain dapat berisiko berpindahnya bakteri. Apalagi, bakteri inilah yang dapat menyebabkan bau keringat menjadi-jadi.

3 dari 3 halaman

Handuk

Bertukar atau meminjamkan handuk ke orang lain benar-benar akan mendatangkan masalah kesehatan yang menjijikan. Handuk yang lembap dapat meningkatkan pertumbuhan jamur dan bakteri yang akan hinggap di kulit Anda.

Ahli higienis menyarankan agar mengganti benda pribadi ini setiap empat hari sekali dan pastikan Anda tidak menggantungnya di tempat yang lembap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.