Sukses

Meski Terasa Enak, Kebiasaan Ini Paling Berisiko Merusak Gigi

Meski kebiasaan ini bisa membuat penikmatnya kecanduan, tapi dapat merusak gigi dan gusi.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan mengigit atau mengunyah es batu dapat merugikan gigi Anda. Meski kebiasaan ini terasa nikmat, tapi Anda harus segera berhenti melakukannya jika tak ingin gigi semakin rusak.

drg. Arni Maharani dari Klikdokter.com, mengatakan kebiasaan ini sering kali tidak dianggap berbahaya. Namun, mengunyah es batu berisiko membuat gigi retak.

Pecahan dari es batu di dalam mulut berkemungkinan besar mengiritasi gusi. Tentunya hal tersebut juga akan memengaruhi kesehatan Anda. 

Tanpa disadari, kebiasaan menggigit atau mengunyah es batu juga membuat penikmatnya kecanduan dan terkait dengan kondisi kekurangan zat besi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengunyah es batu bikin kecanduan

Melansir laman Dental Plans, Kamis (24/8/2017) menguyah es batu diibaratkan seperti kecanduan merokok. Saat mengunyah es batu, perasaan penikmatnya sangat senang bahkan studi dari Medical Hypotheses menyebutkan, mengunyah es batu disebut dengan pagophagia.

Periset juga menemukan kaitan mengunyah es batu dengan kondisi kekurangan zat besi. Untuk mencegahnya disarankan untuk mengonsumsi makanan yang menawarkan zat besi tinggi seperti kuning telur, ikan, kacang-kacangan, sayur dan lainnya.

Anda juga bisa mengalihkan keinginan mengunyah es batu dengan mengunyah permen karet bebas gula.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.