Sukses

4 Makanan yang Cegah Refluks Asam Lambung

Liputan6.com, Jakarta Asam lambung sudah menjadi masalah kesehatan yang dialami banyak orang. Meski kondisi ini tidak terlalu tampak, tapi sangat tidak nyaman bagi penderitanya, karena berpotensi memicu gas berlebih di perut sehingga memberikan efek kembung.

Bahkan tak jarang masalah asam lambung ini kembali naik ke saluran esofagus (kerongkongan) dan muncul kondisi yang disebut acid reflux atau Gastrointestinal Reflux Disease (GERD). Gejala refluks asam lambung bisa menyebabkan luka dan rasa tidak nyaman atau iritasi dan sensasi terbakar di dada.

Seperti dilansir laman Health Line, Rabu (23/8/2017) gejala refluks asam lambung bisa disebabkan oleh makanan yang memicu naiknya gas seperti makanan pedas, santan, asam dan lainnya. Untuk mencegah munculnya kondisi tersebut berikut makanan yang direkomendasikan.

1. Sayuran

Sayuran secara alami dapat bantu mengurangi asam lambung, seperti kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang dan mentimun. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jahe, oatmeal, dan putih telur

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami dan ia dapat meredakan sensasi panas pada perut dan masalah pencernaan lainnya. Anda bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam makanan atau minuman sehari-hari.

3. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi pilihan sarapan bagi penderita refluks asam lambung. Gandum utuh memiliki daya serap asam yang baik dan mengurangi gejala refluks.

4. Putih telur

Kuning telur yang tinggi kandungan lemak dapat memicu gejala refluks asam lambung, sebaiknya konsumsi putih telur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.