Sukses

Cara Langsing dan Awet Muda dengan Minum Air Hangat

Liputan6.com, Jakarta Secangkir kopi panas atau teh hangat kerap jadi pilihan di pagi hari. Namun, minuman yang lebih sederhana seperti segelas air hangat yang dikonsumsi di pagi hari lebih memberi manfaat kesehatan bagi tubuh.

Menurut pengobatan Ayurveda, rutin meminum air hangat di pagi hari bisa menyehatkan, memperbaiki sistem pencernaan, hingga mengurangi limbah metabolik yang menumpuk di sistem daya tahan tubuh.

"Para dokter merekomendasikan meminum air hangat di pagi hari, seperti misalnya dengan campuran lemon yang kaya polifenol atau secangkir teh hangat bisa mengurangi aktivitas radikal bebas di tubuh," ujar ahli gizi klinis dan ahli kesehatan Stella Metsovas, mengutip laman Medical Daily, Selasa (22/8/2017).

Berikut enam manfaat sehat yang bisa Anda dapat dari rutin meminum air hangat di pagi hari, melansir laman Medical Daily:

1. Membersihkan pencernaan

Meminum segelas air hangat di pagi hari membantu Anda membuang racun-racun dari dalam tubuh. Air serta cairan lain membantu memecah makanan di perut dan menjaga sistem pencernaan bekerja maksimal. Air hangat mampu membantu proses tersebut jadi lebih cepat.  

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 3 halaman

Mengatasi konstipasi

2. Mengatasi konstipasi

Kurang minum air bisa menyebabkan konstipasi. Minum air hangat di pagi hari saat perut kosong bisa membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mengatasi konstipasi. Air hangat berfungsi menstimulasi usus dan menormalkan kembali fungsi tubuh.

3. Mengurangi nyeri

Air hangat merupakan `obat alami` yang bisa mengurangi nyeri menstruasi atau pun sakit kepala. Rasa hangat dari segelas air hangat bisa menenangkan dan meredakan ketegangan pada otot perut sehingga efektif mengatasi kram. Menurut laman Healthline, air hangat atau panas biasanya baik untuk mengatasi panas karena cairan hangat bisa meningkatkan aliran darah di kulit dan membantu meredakan kram otot.

4. Mengurangi kelebihan berat badan

Anda tentu pernah mendengar, minum segelas air hangat di pagi hari membantu menurunkan berat badan. Air hangat meningkatkan suhu tubuh dan karenanya juga meningkatkan tingkat metabolisme tubuh.

Peningkatan metabolisme tersebut memungkinan tubuh membakar lebih banyak kalori. Ini juga membantu saluran pencernaan dan ginjal berfungsi lebih baik.

Metsovas mengatakan, meminum segelas air hangat yang diberi tambahan lemon membantu memecah jaringan adipose atau lemak tubuh dan menjaga keinginan untuk makan berlebih. 

 

2 dari 3 halaman

Tingkatkan sirkulasi darah

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Simpanan lemak dalam tubuh bisa dipangkas ketika Anda minum segelas air hangat. Ini juga membantu tubuh mengeluarkan racun-racun yang tersimpan dan meningkatkan sirkulasi darah. Dengan memastikan otot-otot tubuh dalam kondisi rileks juga membantu sirkulasi darah jadi lebih baik.

6. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini adalah mimpi buruk bagi wanita maupun pria. Hal tersebut bisa dicegah dengan minum segelas air hangat di pagi hari. Elastisitas sel-sel kulit meningkat dengan bantuan air hangat.

Metsovas tak menyarankan untuk minum air yang panas karena berpotensi merusak jaringan mulut dan esofagus. Anda harus memastikan air yang akan diminum benar-benar hangat. Dan Anda pun perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai rutin minum air hangat bila sedang dalam pengobatan tertentu.

 

 

Artikel Selanjutnya
5 Rahasia Tampil Cantik Walau Tanpa Makeup
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Hebat Dari Rajin Minum Air Hangat Pagi Hari