Sukses

Bagaimana Kita Harus Menyikapi Insiden Bendera RI Terbalik?

Liputan6.com, Jakarta Insiden kesalahan cetak bendera Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games 2017 menuai protes di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, bendera merupakan simbol negara yang patut dihormati.

Menurut Ratih Ibrahim, MM., psikolog klinis sekaligus CEO dan Founder Personal Growth - Counceling and People Development Center, tragedi bendera RI terbalik merupakan kesalahan fatal.

"Itu adalah kesalahan fatal yang berpotensi merusak hubungan diplomatik Indonesia Malaysia," ucap Ratih saat dihubungi Health-Liputan6 pada Senin (21/8/2017).

Meski demikian, Ratih mengimbau masyarakat untuk menyerahkan penyelesaian kepada Pemerintah. "Kita percayakan kepada Pemerintah untuk mengurus segala masalah diplomatik karena kewenangan ada pada Pemerintah."

Sebagai masyarakat, pastinya kita merasa tersinggung dengan insiden bendera RI terbalik, namun jangan sampai hal ini membuat kita bertindak anarki. Untuk menyikapinya, berikut ini hal-hal yang dapat kita lakukan.

1. Jadikan hal ini sebagai pelajaran agar kita tidak melakukan kesalahan serupa saat menjadi tuan rumah Asian Games tahun 2018 nanti.

2. Senantiasa waspada dan bijak dalam menyikapi isu-isu negara.

3. Jadikan insiden ini sebagai cambuk untuk membangun kualitas bangsa kita agar unggul dan semakin bersatu.

4. Terus mendukung atlit Indonesia dalam SEA Games dengan cara yang militan tapi tidak brutal.

Saksikan juga video menarik berikut:

Artikel Selanjutnya
JK: Konflik Rohingya Tak Hanya karena Agama
Artikel Selanjutnya
Implementasi Empat Pilar MPR RI di Kehidupan Mahasiswa