Sukses

Bahaya, Jangan Cuci Telur Sebelum Disimpan

Bukannya bersih, mencuci telur sebelum disimpan malah bisa menimbulkan risiko kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Demi menjaga kebersihan, banyak orang yang memutuskan untuk mencuci telur sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Jika Anda salah satunya, maka ada baiknya berhenti melakukan hal itu dari sekarang.

Dilansir dari KlikDokter, dr. Dyan Mega Inderawati menuliskan, kebiasaan mencuci telur sebelum disimpan ternyata bisa meningkatkan risiko masuknya Salmonella, bakteri penyebab tifoid pada manusia, ke dalam tubuh.

Bakteri Salmonella sendiri diketahui berada di indung telur ayam. Saat mengeluarkan telurnya, bakteri tersebut dapat terbawa dan melekat pada telur. The Centers for Disease Control Amerika Serikat memperkirakan, sekitar 1 dari 20.000 telur telah terkontaminasi bakteri Salmonella.

Ketika mencuci telur, selaput pelindung tersebut bisa mengalami kerusakan. Akibatnya, Samonella yang berada di kulit luar telur bisa masuk dari pori-pori telur yang sudah terbuka usai dicuci.

Berbahaya, sebaiknya kamu nggak mencuci telur sebelum disimpan. Simak alasannya di sini! (Sumber Foto: Alamy/Huffington Post)

Risikonya, saat kamu memasak telur dengan tak sempurna, bakteri tersebut bisa termakan dan menimbulkan sederet keluhan seperti demam, kram perut serta diare. Baca artikel selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini