Sukses

Makan Buah Baiknya Sebelum atau Setelah Olahraga?

Liputan6.com, Jakarta Buah dibutuhkan untuk memenuhi vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi buah secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, salah satunya melancarkan pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari konsumsi buah, kapankah saat yang tepat untuk makan buah?

1. Buah yang dapat dimakan saat perut kosong

Mengutip laman Boldsky, Senin (21/8/2017), mengonsumsi buah saat perut kosong dapat membantu mendetoksifikasi tubuh dan menurunkan berat badan.

Buah-buahan yang dapat dimakan saat perut kosong, yaitu apel, stroberi dan jambu biji.

2. Hindari memakan buah sesaat setelah makan

Makan buah tepat setelah makan bukanlah ide bagus, karena dapat menyebabkan makanan sulit dicerna, seperti dikutip dari Times of India.

Makanlah buah dengan jarak minimal 30 menit setelah Anda makan. Idealnya, seseorang harus makan buah satu jam sebelum makan atau dua jam setelahnya.

3. Sebelum dan sesudah latihan atau berolahraga

Salah satu waktu terbaik untuk mengonsumsi buah-buahan yaitu sebelum dan sesudah latihan fisik.

Mengutip laman MD Health, gula dalam buah dapat membantu tubuh mendapatkan tenaga sebelum latihan dan juga membantu mengisi kembali tenaga sesudahnya.

4. Waktu terburuk untuk makan buah

Makan buah sebelum tidur bukanlah ide yang bagus karena dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula darah dan insulin. Ini membuat tubuh sulit tertidur.

Untuk itu, hindari konsumsi buah sebelum tidur. Sedangkan untuk menjaga kadar gula darah, konsumsi buah maksimal tiga jam sebelum tidur. 

 

 Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini