Sukses

5 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Sirsak buah berwarna hijau dan berduri memiliki daging yang lembut dan berair. Rasa asam manis yang menyegarkan, membuat buah ini digemari oleh banyak orang. Sirsak merupakan buah tropis yang kaya akan vitamin C, B1, B2 dan mineral, seperti magnesium, kalium, tembaga dan besi yang memperkuat tubuh kita.

Buah ini terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi sehingga mempercepat proses pencernaan. Sirsak enak dan ideal digunakan untuk membuat berbagi macam jus dan minuman.

Selain rasanya nikmat, sirsak juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Senin, (21/8/17).

1. Mencegah kanker
Jus sirsak terbukti membantu mencegah kanker dan tumor ganas lainnya. Beberapa kanker yang bisa dicegah dengan sirsak antara lain kanker payudara, kolon, prostat, dan paru-paru.

Jus sirsak menawarkan tindakan antioksidan untuk tubuh karena membantu menghilangkan racun yang menyebabkan penyakit kronis seperti kanker. Disarankan untuk mengonsumsi jus sirsak sebagai terapi alami yang menyertai prosedur medis pada penderita kanker.

2. Membuat tidur jadi nyenyak
Individu yang mengalami insomnia disarankan mengonsumsi sirsak untuk mengatasi gangguan tidur. Ini karena sirsak dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Orang yang mengalami cemas atau stres juga disarankan mengonsumsi sirsak. Kandungan nutrisi sirsak bekerja pada sistem saraf yang berfungsi sebagai penenang alami dan akan membuat Anda rileks sebelum tidur. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 2 halaman

Antipenuaan dan mencegah osteoporosis

3. Melindungi organ tubuh dan antipenuaan
Sirsak membantu mencegah kerusakan saraf dan menjaga kesehatan jantung. Berkat kandungan vitamin B1 yang tinggi, buah ini bisa mempercepat metabolisme tubuh Anda, membantu sirkulasi darah dan tekanan darah jadi lebih baik.

Selain itu, kandungan vitamin B2 sangat diperlukan untuk menghasilkan energi tubuh, membuat fungsi sistem saraf dan menjaga jantung. Sejumlah besar vitamin C membuatnya menjadi antioksidan yang sangat baik. Dengan demikian, ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

4. Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis
Kandungan fosfor dan kalsium buah ini sangat ideal untuk membantu kesehatan tulang dan gigi yang memadai. Ini sangat dianjurkan bagi wanita yang mengalami menopause, karena ini adalah cara terbaik untuk melindungi tulang dari penipisan estrogen.

5. Mencegah flu
Vitamin C pada sirsak membantu mencegah dan melawan flu. Ini juga memiliki dampak positif pada penguatan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mengatasi virus dan bakteri. Apalagi, sifat nutrisinya memungkinkan tubuh tetap sehat.

Penulis: Michelle Tania

Artikel Selanjutnya
Adakah Manfaat Seduhan Biji Semangka?
Artikel Selanjutnya
Orang Indonesia Lebih Suka Sakit?