Sukses

Hidung Sulit Mencium Bau? Mungkin Ini Penyebabnya

Direktur Rhinologi dan Bedah Tengkorak Endoskopi di Gunung Sinai Beth, Israel mengungkap beberapa penyebab hidung tak mampu mencium bau.

Liputan6.com, Jakarta Selain flu atau pilek yang dapat menurunkan sensitivitas indera penciuman Anda, beberapa kondisi berikut bisa menjadi alasan hidung tak dapat mencium aroma atau bau seperti biasanya.

Anthony Del Signore, MD, Asisten Profesor di Departemen Otolaringologi yang juga merupakan Direktur Rhinologi dan Bedah Tengkorak Endoskopi di Gunung Sinai Beth, Israel mengatakan indera penciuman dapat menurun ketika seseorang memiliki infeksi dan polip dalam hidung.

Infeksi yang terjadi pada hidung dapat menyebabkan tumbuhnya jamur bahkan nanah, yang dapat menghalangi saluran hidung dan menyebabkan hilangnya kemampuan mencium.

Selain itu, seperti dilansir laman Women's Health, Senin (21/8/2017) beberapa kondisi berikut ini dapat menyebabkan hidung Anda tidak dapat mencium aroma dengan normal.

1. Gangguan neurologis

Saraf yang tidak aktif atau bermasalah dapat menyebabkan hidung kehilangan kemampuan untuk mencium aroma. Del Signore mengatakan, kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang mengalami kejang, epilepsi, stroke dan bahkan mereka yang Alzheimer. Masalah neurologis ini hanya dapat terdeteksi melalui MRI atau CT scan.  

2. Efek samping obat-obatan

"Obat tertentu, terutama semprotan hidung, bisa menyebabkan indera penciuman Anda berubah," kata Del Signore. 

3. Trauma

Cedera kepala atau pascaoperasi sinusitis terkadang memberikan efek samping trauma dan membuat hidung sulit mencium aroma atau bau yang ada di sekitar.

Meski hal ini tidak permanen dan berbahaya, tapi trauma juga dapat mempengaruhi sistem saraf hidung yang mengganggu indera penciuman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.