Sukses

Mengenal Bawang Hitam dan Khasiat bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih memiliki segudang manfaat kesehatan. Namun sayangnya, konsumsi bawang putih membuat napas menjadi bau. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan bawang hitam.

Dilansir dari laman Step to Health, Senin (21/8/2017), bawang hitam dikenal sebagai bawang putih tua yang berasal dari proses slow cooking atau aging. Hasilnya adalah bawang gelap dengan kandungan nutrisi lebih besar dibanding bawang putih konvensional.

Cara membuat bawang hitam yaitu dengan melakukan fermentasi terhadap bawang putih pada suhu sekitar 70 derajat celsius dan kelembaban antara 85 dan 90 persen. Fermentasi ini tidak perlu menambahkan ragi.

Rasa bawang hitam sedikit manis, meski agak asam. Keuntungannya, bawang hitam tidak memiliki bau seperti bawang putih biasa. Meski penampilannya terbakar, teksturnya lembut, jadi sangat ideal untuk dimasak atau dimakan saat perut kosong.

Berikut ini beberapa keuntungan mengonsumsi bawang hitam:

1. Memiliki efek diuretik yang kuat

Mengonsumsi bawang hitam baik untuk orang yang memiliki retensi cairan pada tubuhnya, misalnya pada penderita sakit ginjal dan penyakit edema.

Saat mengonsumsi bawang hitam dengan kondisi perut kosong, hal ini membantu Anda mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh.

2. Meningkatkan kolagen

Orang yang memiliki masalah kulit, seperti dermatitis dan jerawat dapat mengonsumsi bawang hitam. Selain itu, orang yang memiliki gangguan sendi pun dianjurkan makan bawang hitam.

Alasannya, bawang hitam mengandung tiosulphinate yang mampu meningkatkan produksi kolagen.

3. Mengatasi kelelahan

Bawang hitam disarankan untuk atlet maupun orang yang ingin meningkatkan kekebalan fisik. Selain itu, bawang hitam juga mampu mengatasi kelelahan akibat bekerja maupun kurang istirahat.

4. Mengobati masalah pernapasan

Manfaat kesehatan lainnya yaitu untuk mengatasi masalah pernapasan diantaranya asma dan gejala alergi. Bawang hitam juga mampu mengatasi demam, laringitis dan faringitis.

5. Menenangkan saraf

Bawang hitam juga bisa menjadi pengobatan alami untuk mengatasi stres, menghilangkan rasa cemas, mengobati insomnia dan mengatasi perasaan yang buruk (bad mood).

Saksikan juga video menarik berikut:

Artikel Selanjutnya
Sembuhkan Penyakit Paru-Paru dengan Daun Cocor Bebek
Artikel Selanjutnya
Adakah Manfaat Seduhan Biji Semangka?