Sukses

3 Manfaat Makan Pepaya bagi Diabetesi

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang belum mengetahui khasiat mengonsumsi pepaya bagi pasien diabetes. Bahkan, penderita diabetes sering kali menghindari pepaya karena mereka berpikir pepaya dapat menaikkan kadar glukosa dalam darah.

Mengutip laman Step to Health, Senin (21/8/2017), tidak semua buah yang mengandung gula harus dihindari penderita diabetes, salah satunya pepaya. Berikut ini manfaat kesehatan yang akan didapatkan oleh penderita diabetes jika konsumsi pepaya.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pepaya mengandung vitamin C yang memiliki efek antioksidan bagi tubuh. Hal ini bermanfaat bagi pasien diabetes untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, dan mengurangi risiko penurunan fungsi penglihatan.

2. Pepaya tidak meningkatkan kadar gula darah

Meskipun pepaya tidak memiliki kadar gula serendah apel, setidaknya pepaya tidak menaikkan kadar gula darah. Aman bagi penderita diabetes memakan pepaya dalam porsi kecil dan sebaiknya di pagi hari sebagai asupan pemberi energi.

Selain itu, mengombinasikan pepaya dengan yogurt atau keju dapat membantu menurunkan kadar glikemik.

3. Baik untuk kesehatan kardiovaskular

Jika Anda penderita diabetes, mengonsumsi pepaya dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain itu, Anda juga dapat menurunkan kadar trigliserida dan mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Membantu menurunkan berat badan

Keuntungan lainnya yang didapatkan dari mengonsumsi pepaya yaitu menstimulasi penurunan berat badan. Pepaya memiliki tingkat kalori yang rendah dan kaya akan serat. Hal ini dapat membantu membersihkan usus besar.

Selain itu, pepaya juga berkhasiat meningkatkan fungsi saluran cerna dan mencegah inflamasi dan penumpukan cairan. 

 

Saksikan video menarik berikut:

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.
    Diabetes
  • pepaya
Artikel Selanjutnya
6 Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes Tipe 2
Artikel Selanjutnya
6 Manfaat Konsumsi Kacang yang Belum Diketahui