Sukses

Apa Efeknya Jika Ibu Menyusui Minum Alkohol?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pekan lalu penyanyi Beyonce menggungah foto tampak menenggak wine ataupun minuman mengandung alkohol. Foto tersebut membuat warganet bertanya-tanya, karena Beyonce baru saja melahirkan bayi kembar dua bulan lalu. Lalu, bolehkah ibu menyusui minum alkohol?

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) bila ibu menenggak alkohol, bisa ditemukan komponen tersebut dalam Air Susu Ibu (ASI). Karena hal ini, AAP menyarankan ibu menyusui menghindari minum beralkohol.

Ibu menyusi memang harus ekstra waspada bila menenggak alkohol karena otak bayi masih berkembang dan sangat rentan, seperti disampaikan perawat dari University of Nebraska Medical Center, Beth Conover.

Studi juga menyebutkan, kandungan alkohol dalam ASI membuat bayi jadi minum ASI lebih sedikit dan ada potensi tidak tumbuh dengan baik. Salah satu studi mengungkapkan, ibu menyusui yang menenggak lebih dari satu gelas alkohol setiap hari membuat bayi mengalami gangguan perkembangan motorik saat usia satu tahun, seperti disampaikan dokter dari Staten Island University Hospital, Catherine Herway mengutip Health, Senin (21/8/2017).

Namun, AAP mengungkapkan bila sesekali minum dengan jumlah sedikit masih diperbolehkan. Terutama sesudah dia memompa atau menyusui buah hatinya seperti mengutip Live Science, Senin (21/8/2017).

Pastikan menunggu lebih dari dua jam sesudah minum alkohol untuk kembali menyusui. Sehingga tubuh memiliki waktu untuk lepas dari alkohol.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Artikel Selanjutnya
Orang yang Minum Alkohol Bisa Lebih Kreatif?
Artikel Selanjutnya
Usai Melakukan Ini, Pasangan Ditemukan Terkulai dalam Mobil