Sukses

Apa Saja yang Bisa Menyebabkan Suara Serak?

Liputan6.com, Jakarta Pada saat tertentu seseorang mengalami serak pada suaranya. Hal ini sangat mengganggu karena sering menghambat aktivitas.

Menurut laman Step to Health, Minggu (20/8/2017), penyebab suara serak beragam. Beberapa di antaranya dalah akibat sering merokok dan faktor pekerjaan yang banyak menggunakan suara, seperti penyanyi dan operator telepon. Berikut ini beberapa penyebab suara serak lainnya.

1. Merokok

Rokok tak hanya mempengaruhi paru-paru, tapi juga bisa menyebabkan kanker pita suara (laring) rusak.

Jika Anda seorang perokok dan sering mengalami serak, berkonsultasilah kepada dokter karena apabila terdeteksi dari awal, biasanya bisa disembuhkan.

2. Nodul dan polip

Meski kedua hal ini berbeda, keduanya merupakan benjolan yang muncul di pita suara. Fenomena ini ibarat kapalan di kaki akibat menggunakan alas kaki yang tidak cocok.

Pada kasus ini, ketika kita mempertahankan kebiasaan berbicara terlalu banyak, aparatus suara kita terluka.

Untuk mengobatinya, nodul bisa hilang dengan cara menghentikan bicara dalam kurun waktu tertentu. Jika tidak hilang, maka operasi akan dilakukan. Sementara polip biasanya dikeluarkan langsung dengan tindakan operasi.

3. Refluks gastroesophageal

Anda mungkin mengalami sakit maag klasik yang disertai dengan rasa tidak enak yang menandakan bahwa Anda mungkin memiliki asam refluks yang sangat berbahaya.

Asam refluks secara bertahap merusak organ yang bersentuhan dengannya.

Hal pertama untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang lebih ringan dan mudah dicerna. Inilah dilakukan untuk memperbaiki kesehatan tenggorokan.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini