Sukses

Kiat untuk Atasi Cedera pada Sendi

Sendi bisa mengalami masalah kesehatan akibat cedera, kecelakaan dan seiring bertambahnya usia.

Liputan6.com, Jakarta Sendi merupakan salah satu bagian tubuh yang vital karena berfungsi untuk menopang. Sendi bisa mengalami masalah kesehatan akibat cedera, kecelakaan dan bertambahnya usia.

Dr. Nicolaas C. Budhiparama, Sp.OT (K) mengatakan, trauma sendi dapat terjadi akibat kecelakaan atau trauma karena cedera akibat olahraga. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Dr. Nicolaas menyarankan agar pasien mendapatkan pengobatan dari dokter spesialsi yang memang mengkhususkan diri di bidang orthopedi.

"Orang yang mengalami cidera atau kecelakaan pada sendi semisal lutut, harus dicari tahu diagnosanya, misalnya robekan bantalan tulang, urat yang putus, atau patah. Diagnosa salah satunya dilakukan dengan melakukan MRI untuk melihat kondisi urat, ligamen dan tulang rawan," papar Dr. Nicolaas kepada Health-Liputan6 saat ditemui dalam acara seminar yang diadakan oleh Indonesian Hip and Knee Society (IHKS), ditulis Senin (21/8/2017).

Lebih lanjut Dr. Nicolaas menjelaskan, untuk mengatasi cedera atau kecelakaan pada sendi, carilah dokter yang benar-benar khusus menangani orthopedi. Penting bagi pasien untuk mendiskusikan secara mendalam mengenai apa yang dialami dan riwayat kesehatan sebelumnya.

Pasien juga harus menanyakan secara detail mengenai diagnosa dan tindakan apa yang akan diberikan oleh dokter. Jangan sampai pasien tidak memahami tindakan dan mencari tahu justru setelah tindakan diberikan. Cari tahu tentang risiko apa yang mungkin akan terjadi apabila melakukan tindakan dan sebaliknya.

Mengenai IHKS, merupakan komunitas para ahli Arthroplasty, Arthroscopy atau Sport Medicine dan Trauma. Para dokter yang tergabung dalam IHKS akan mendapatkan pendidikan mengenai lutut dan panggul secara mendalam. Tak hanya itu, IHKS juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat umum mengenai berebagai permasalahan pada lutut dan panggul.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini