Sukses

Cara Lindungi Kulit dari Kanker dan Penuaan Bagi Pelari Wanita

Berbagai masalah kulit bisa terjadi akibat terpapar matahari saat berlari, seperti kanker kulit dan penuaan dini. Ini cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu alasan wanita memilih olahraga lari karena lari mampu menurunkan berat badan dengan cepat dibanding olahraga lainnya. Namun sayangnya, banyak wanita yang takut terkena berbagai masalah kulit seperti penuaan dan kanker kulit akibat terpapar matahari saat berlari.

Selain itu, pada kebanyakan orang, perubahan warna kulit akan terlihat saat berlari. Biasanya, orang yang berkulit cerah akan mengalami perubahan warna kulit menjadi merah atau merah muda. Namun pada orang yang memiliki kulit gelap, warna kulit akan menjadi merah dan semakin gelap.

Dr. Novrina Heragandhi, Sp. KK, salah satu pembicara dalam seminar bertema From Doctors to Runners: Run to be Healthy menjelaskan, penyebab perubahan warna kulit yang dialami saat seseorang berlari.

"Perubahan warna kulit saat berolahraga terjadi karena ada peningkatan suhu pada tubuh kita, jantung kita bekerja lebih kuat, selain itu pembuluh darah akan melebar. Untuk mengurangi suhu yang meningkat dalam tubuh, akan ada produksi keringat dan kulit akan terlihat lebih merah," papar Dr. Novrina ditulis Senin (20/8/2017).

Selain perubahan warna kulit yang dialami pelari saat terpapar matahari, Dr. Novrina juga menjelaskan risiko kulit yang harus diwaspadai bagi pelari yang tinggal di ikim tropis, yaitu paparan sinar UVA dan UVB.

"Sinar UVB dapat masuk ke kulit, yaitu ke lapisan epidermis. Hal ini yang membuat kulit gelap dan terbakar sinar matahari (sunburn). Selain itu, sinar UVA harus lebih diwaspadai karena bisa masuk lebih dalam yaitu kedalam kolagen, hal ini bisa memicu penuaan seperti keriput dan juga kanker kulit," tambahnya.

Cara Pencegahan

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Dr. Novrina memberikan beberapa tips untuk wanita yang ingin berlari namun tetap cantik dan sehat.

1. Hindari berlari antara pukul 10.00 hingga 16.00.
2. Gunakan perlindungan saat berlari, diantaranya topi, baju lengan panjang dan celana panjang.
3. Untuk wanita yang menjalani perawatan wajah, setop penggunaan krim malam pada satu sampai dua hari sebelum berlari.
4. Gunakan pelembab khusus untuk kulit kering dan sensitif.
5. Oleskan sunscreen setidaknya 20 sampai 30 menit sebelum berlari.

 Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini