Sukses

10 Kota Paling Layak Huni dan Tidak

Melbourne dan Wina adalah dua kota paling layak huni di dunia. Namun, Anda mungkin harus menghindari Lagos dan Damaskus.

Liputan6.com, Jakarta Melbourne dan Wina adalah dua kota paling layak huni di dunia. Namun, Anda mungkin harus menghindari Lagos dan Damaskus, berdasarkan hasil dari sebuah survei tahunan.

Laporan Kelayakan Huni Global 2017 dari The Economist Intelligence Unit mencatat bahwa penurunan kemudahan hidup yang terjadi selama satu dekade kini telah stabil, walaupun sejumlah kota telah menderita akibat "penyebaran ancaman terorisme".

Kelima kota yang paling maju selama lima tahun terakhir adalah Teheran, Dubai, Abidjan, Harare, dan Colombo - meskipun semuanya menempati bagian setengah ke bawah dari 140 kota dalam daftar.

Kemunduran terbesar terjadi di Kiev, Damaskus, Tripoli, Detroit, dan Moskow. Peringkat dihitung dengan menggunakan sejumlah faktor, antara lain kriminal, pelayanan kesehatan, iklim, korupsi dan penyensoran.

Inilah 10 kota paling layak huni versi EIU: Melbourne, Wina, Vancouver, Toronto, Calgary, Adelaide, Perth, Auckland. Helsinki dan Hamburg

Dan 10 kota yang paling tidak layak huni dalam urutan terbalik adalah Kiev, Douala, Harare, Karachi, Aljir, Port Moresby, Dhaka, Tripoli, Lagos dan Damaskus, demikian dikutip dari Reuters. (Nanien Yuniar/AntaraNews)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.