Sukses

Waspadai 5 Gejala Awal Sakit Ginjal

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa gejala yang menandakan gangguan ginjal. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari gejala tersebut sehingga berkembang menjadi penyakit ginjal.

Mengutip laman Boldsky, Sabtu (19/8/2017), penyakit ginjal seringkali tidak memberi gejala sampai seseorang terserang penyakit seperti saat ginjal gagal atau bila ada sejumlah batu ginjal. Hal inilah yang menyebabkan orang yang terkena sakit ginjal baru menyadarinya setelah terserang penyakit tersebut.

Namun ternyata, ada beberapa cara mendeteksi gejala awal penyakit ginjal. Cari tahu apakah Anda mengalami salah satunya, agar dapat mencegah gejala tersebut menjadi penyakit.

1. Gangguan kencing

Sering buang air kecil, urine berbusa atau busuk, dan jumlah urine yang lebih tinggi atau lebih sedikit dari biasanya bisa menjadi pertanda awal gejala penyakit ginjal.

Selain itu, darah dalam urine, peningkatan infeksi urine dan sensasi terbakar saat buang air kecil juga bisa menjadi gejala sakit ginjal. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat pengobatan.

2. Bengkak pada area tubuh

Bengkak yang terjadi pada beberapa area tubuh seperti wajah, kaki, tangan, dan pergelangan kaki bisa terjadi akibat ketidakmampuan ginjal mengeluarkan cairan dari tubuh. Hal ini adalah salah satu gejala penyakit ginjal.

3. Anemia dan kelelahan

Penurunan fungsi ginjal bisa menyebabkan produksi hormon EPO lebih rendah. Hormon ini bertindak sebagai pemicu untuk memproduksi lebih banyak oksigen.

Kadar oksigen yang rendah dapat menyebabkan kelelahan. Inilah salah satu gejala utama penyakit ginjal.

4. Sakit punggung

Terkadang penyakit ginjal polikistik memiliki gejala rasa sakit di punggung, tepatnya di area dekat ginjal.

Penyakit ginjal polikistik merupakan penyakit yang terjadi saat kista berkembang dalam ginjal.

5. Mual

Mual juga bisa menjadi pertanda sakit ginjal. Jika Anda merasakan mual tanpa alasan, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter apakah hal ini memiliki kaitan dengan kondisi ginjal Anda.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini