Sukses

Penjelasan Dokter tentang Kelenjar Tiroid

Seluruh organ tubuh sangat membutuhkan hormon tiroid untuk beraktivitas.

Liputan6.com, Bandung Masyarakat pada umumnya lebih mengenal kelenjar gondok daripada kelenjar tiroid yang sebenarnya merupakan hal yang sama. Kelenjar ini terletak di leher depan bagian bawah, yaitu antara jakun dan tulang dada bagian atas. Bentuknya menyerupai kupu - kupu dengan asupan inti iodium.

Fungsinya menghasilkan dua macam hormon yaitu tiroksin (T4) dan triodotironin (T3) yang sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Namun dalam kondisi kesehatan normal, kelenjar tiroid ini tidak tampak maupun teraba dari luar tubuh.

Menurut dokter spesialis endoktrin anak RS Hasan Sadikin, Faizal, seluruh organ tubuh sangat membutuhkan hormon tiroid untuk beraktivitas.

"Detak jantung prosesnya diatur oleh hormon tiroid serta tumbuh tulang membutuhkannya bekerja sama dengan hormon lain untuk membantu metabolisme tubuh," kata Faizal dalam keterangannya yang dikutip Health Liputan6.com, Bandung, Jumat (18/8/2017).

Faizal menambahkan kelenjar tiroid juga mendukung daya tahan tubuh, mengatur kecepatan tubuh membakar energi, memproduksi protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Faizal berharap masyarakat dengan mengenal kelenjar tiroid tersebut dapat mendeteksi sedini mungkin kelainan yang terjadi dan langsung berkonsultasi secara medis.

Mengenal informasi dengan baik mengenai penyakit tiroid, masyarakat seharusnya lebih waspada terhadap penyakit tersebut. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.