Sukses

Bahaya Menelan Rambut yang Ada di Makanan

Liputan6.com, Jakarta Sadar atau tidak saat makan, Anda pernah menelan rambut yang secara tak disengaja ada di dalam makanan. Meski agak menjijikkan, tapi apa yang terjadi pada perut saat menelan rambut?

Ahli gastroenterologi, Dr Partha Nandi, menganjurkan untuk mengeluarkan rambut yang tak sengaja termakan. Meski menelan rambut sendiri tidak terlalu bahaya, tapi hal yang ditakutkan adalah jika rambut itu merupakan bulu dari binatang.

Umumnya, setiap hari secara tidak disadari manusia selalu menelan rambutnya sendiri sebanyak satu atau dua helai. Dan hal ini sama sekali tidak memiliki efek buruk dalam dunia medis. Sebab, rambut terbuat dari protein padat yang disebut keratin dan bila tertelan tidak akan menimbulkan masalah pada pencernaan.

Namun, yang ditakutkan adalah masuknya bakteri staphylococcus yang menempel pada rambut ke dalam perut.

Menurut Maria Colavincenzo, seorang dermatolog di Northwestern University, bakteri tersebut dapat mengganggu kondisi perut dan menyebabkan diare. Meski sangat jarang terjadi, tapi Anda harus mengetahuinya, ujar Colavincenzo.

Food and Drug Administration (FDA) berpendapat, rambut yang tertelan bersama makanan tidak akan mengganggu kesehatan.

"Selama hanya sehelai dua helai itu tak jadi soal, tapi jika Anda menemukan rambut di dalam mulut, sebaiknya keluarkan," Colavincenzo menyarankan dikutip dari Elite Daily, Jumat (18/8/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.