Sukses

Manfaat Pijat, Atasi Sakit Kepala sampai Ringankan PMS

Liputan6.com, Jakarta Setelah lima hari beraktivitas pasti nikmat rasanya dipijat. Tak ada salahnya di akhir pekan ini pergi ke tempat pijat atau memanggil tukang pijat ke rumah.

Beragam manfaat bakal Anda dapatkan dengan dipijat. Mulai dari mengatasi rasa sakit sampai meringankan pre-menstrual syndrome seperti mengutip laman Huffington Post, Jumat (18/8/2017).

1. Bikin rileks

Saat mendapatkan pijatan dengan tekanan pas, itu rasanya menenangkan cemas dan depresi. Pada saat seseorang dipijat, menurut peneliti, mampu mengurangi kadar hormon stres kortisol, sehingga stres berkurang. Hal ini juga dapat meningkatkan serotonin dan dopamin dalam mengatasi depresi.

2. Meringankan nyeri

Mendapatkan pijatan bisa mengurangi rasa nyeri di tubuh. Hal ini terungkap lewat sebuah studi yang dilakukan peneliti yang fokus di bidang alternatif, Daniel Cherkin.

"Kami menemukan bukti manfaat dipijat sama kuatnya dengan perawatan lain seperti akupunktur, olahraga, dan yoga," kata Cherkin.

3. Tidur lebih nyenyak

Bagi Anda yang akhir-akhir ini merasa tidur kurang nyenyak, coba ikut sekali atau dua kali sesi pijat. Sejumlah penelitian mengungkapkan pijatan mampu membuat seseorang tidur lebih nyenyak. 

 

Saksikan juga video menarik berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ringankan gejala PMS

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Studi di 2010 mengungkapkan seseorang yang dipijat, jumlah sel darah putih dalam tubuh bertambah. Hal ini membuat orang tersebut memiliki daya tahan tubuh lebih baik.

5. Ringankan gejala PMS

Jelang menstruasi, perut sering kembung dan suasana hati kurang baik. Studi kecil menyebutkan, wanita yang dipijat gejala PMS lebih ringan karena membuat suasana hatinya lebih baik.

6. Meningkatkan kewaspadaan

Orang dewasa yang dipijat selama 15 menit ternyata lebih waspada dan bisa menyelesaikan serangkaian tes matematika dengan akurat dan cepat.

7. Hilangkan sakit kepala

Sakit kepala juga bisa reda dengan pijatan. Mengutip WebMD, studi menyebutkan seseorang yang mendapatkan pijatan 30 menit saja bisa mengurangi rasa sakit kepala dan bahkan meredakan amarah.

 *

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.