Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Ini yang Terjadi Pada Vagina Saat Tubuh Sedang Sakit

Liputan6.com, Jakarta Saat tubuh sedang tidak fit atau sakit, hal ini pun turut memengaruhi kondisi vagina. Baik itu flu, dehidrasi, demam bahkan stres, dapat mengubah kondisi vagina menjadi tak normal seperti biasanya. Lantas perubahan apa yang terjadi pada vagina saat tubuh sakit?

Peter Rizk, M.D., dokter obgyn dan fertilitas di Fairhaven Health, menjelaskan perubahan vagina yang terjadi saat tubuh tengah sakit. "Contohnya, saat Anda mengalami dehidrai saja, vagina bisa ikut berubah," kata Rizk.

Saat tubuh tidak cukup mendapatkan asupan air, khususnya saat berhubungan seks, vagina ikut mengalami dehidrasi atau kering. Vagina tidak cukup basah seperti biasanya sehingga membutuhkan pelumas tambahan.

Begitu pula ketika Anda keputihan. Rizk melanjutkan, saat tubuh dehidrasi vagina ikut mengalami kekeringan.

"Anda bisa melihat ke bawah sana, sepanjang hari pakaian dalam Anda bisa ikut kering jika tubuh tidak terhidrasi," kata Rizk.

Selain itu, saat tubuh terserang flu dapat membuat pembuluh darah lebih mudah ditembus oleh virus. Kondisi ini menyebabkan dapat meningkatkan sekresi (pengeluaran hasil kelenjar atau sel secara aktif) yang dapat membuat sel darah putih tidak seimbang.

"Pada cairan vagina atau keputihan sebenarnya mengandung banyak sel darah putih yang bertugas untuk menjaga bakteri baik tetap seimbang, tapi jika tubuh sedang sakit ini akan mengubahnya," kata dokter obgyn Candace Howe, M.D dikutip dari Glamour, Jumat (18/8/2017).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.