Sukses

Senang Menikmati Waktu Sendirian, Baik atau Buruk?

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang senang menikmati waktu sendirian, alasannya beragam. Sayangnya, kebanyakan orang sering menilai individu dengan karakter seperti ini sebagai hal buruk, karena dianggap antisosial.

Padahal, menikmati waktu sendiri tak harus selalu dinilai negatif. Menurut laman Step to Health, Jumat (18/8/2017), menghabiskan waktu sendiri memiliki banyak manfaat, di antaranya membantu seseorang untuk mengelola pikiran dan emosional. Hal ini baik bagi seseorang yang sedang mengalami stres.

Selain itu, masih banyak manfaat yang didapatkan bagi seseorang yang senang menghabiskan waktu sendirian.

1. Mengasah fokus dan pikiran

Dokter Birk Hagemeye di Universitas Jena, Jerman, meneliti hubungan antara aktivitas sosial, hubungan dengan orang lain, dan keinginan Anda untuk menyendiri.

Hasilnya, orang yang senang dengan kesendirian memiliki fokus yang berbeda. Selain itu, ada orang yang senang menikmati momen spesial dengan diri mereka sendiri. Hal ini bukan berarti mereka lari dari kehidupan. Mereka hanya ingin mengeksplorasi pemikiran mereka sendiri.

2. Lebih pandai mengatur mood

Mereka yang menikmati waktu sendiri lebih baik dalam mengatur mood. Selain itu, mereka memiliki tingkat emosi yang lebih rendah seperti jarang mengalami suasana hati yang buruk, ketidaknyamanan, dan frustrasi.

Orang yang menikmati waktu sendiri biasanya memiliki pikiran yang lebih terbuka. Mereka lebih orisinal, penasaran, dan imajinatif.

Selain itu, orang seperti ini biasanya menunjukkan lebih banyak empati. Mereka juga pandai menyelami kepribadian, sehingga mereka tahu bagaimana mengenali kebutuhan, ketakutan, dan kekhawatiran eksternal secara lebih baik.

3. Mampu mengatasi kecemasan dan stres

Manfaat menarik lainnya bagi orang yang senang menyisihkan waktu untuk menyendiri, yaitu mampu mengatasi stres dan kecemasan.

Selain itu, mereka memiliki pandangan yang baik tentang diri mereka sendiri. Namun, ketika mereka memikirkan bagaimana orang lain melihat mereka, mereka terkadang berpikir orang menganggap mereka sebagai seseorang yang tidak normal.

Meski demikian, setiap orang memiliki kepribadian berbeda. Tidak ada kepribadian yang lebih baik dari yang lain. Entah Anda seorang yang sangat aktif bersosialisasi atau lebih suka waktu sendiri, ada baiknya Anda berusaha untuk mencari mana yang terbaik untuk Anda dan jalani hal tersebut.

Saksikan juga video menarik berikut:

Artikel Selanjutnya
Penyendiri, 3 Zodiak Ini Cenderung Jadi Antisosial
Artikel Selanjutnya
Benarkah Merokok Saat Hamil Sebabkan Anak Antisosial?