Sukses

Warna-warni Hari Kemerdekaan Berbagai Negara di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Masing-masing negara punya caranya sendiri untuk merayakan hari kemerdekaan. Bila di Indonesia 17 Agustus kerap diwarnai dengan berbagai perlombaan di berbagai pelosok negeri, maka semburat kembang api akan mewarnai langit Amerika Serikat setiap 4 Juli.

Ingin tahu seperti apa negara-negara di dunia biasa merayakan hari kemerdekaan mereka? Yuk, kita singgah sejenak ke beberapa negara berikut, mengutip berbagai sumber.

1. Amerika Serikat - 4 Juli

Perayaan kemerdekaan di AS pada 4 Juli identik dengan percikan kembang api. Biasanya, kembang api selalu dinyalakan di Dermaga 39 San Fransisco dan Dermaga AL di Chicago. Namun, semburat kembang api paling luar biasa bisa disaksikan di National Mall di Washington DC.

2. Kanada - 1 Juli

Orang Kanada merayakan hari kemerdekaan setiap 1 Juli dengan berbagai konser, parade, upacara, dan kembang api. Bisa dikatakan, Canada Day sama meriahnya dengan perayaan 4 Juli di AS.

1 dari 3 halaman

3. Mexico - 16 September

Warga Mexico memperingati proklamasi kemerdekaan mereka dari Spanyol setiap 16 September. Perayaan dimulai tepat pukul 23.00 pada 15 September. Kemudian pada siang harinya Anda bisa menyaksikan rodeo, adu banteng, serta siswi-siswi sekolah mengenakan baju tradisional mereka dan berkumpul di Zocalo. Lokasi tersebut terletak di jantung Mexico City.

4. Kolombia - 20 Juli

Tak seperti beberapa negara lain yang merayakan kemerdekaan dengan kembang api, balon udara warna-warni justru menyemarakkan langit Kolombia setiap 20 Juli. Selain itu, Anda juga bisa menikmati tari-tarian tradisional, upacara bendera, serta makanan tradisional seperti kue jagung dan arepa saat perayaan kemerdekaan negara ini.

2 dari 3 halaman

5. Prancis - 14 Juli

Berselang 10 hari dari perayaan kemerdekaan AS, negara ini memperingati Revolusi Prancis setiap 14 Juli. Mengutip Live Science, peringatan ini disebut juga sebagai Bastille Day. Presiden Prancis biasanya akan memperbolehkan para tahanan untuk menikmati perayaan tersebut. Berbagai parade militer tradisional, festival, serta kembang api mewarnai perayaan Bastille Day. Kerap kali perayaan ini pun bersamaan dengan berlangsungnya Tour de France.

 6. Korea Selatan - 15 Agustus

Hari kemerdekaan di Korea Selatan disebut dengan Gwangbokjeol. Pada hari tersebut, para narapidana akan diberi kebebasan. Selain itu, ada pula upacara resmi di Cheonan (Aula Kemerdekaan Korea) di mana presiden akan berpidato lalu hadirin menyanyikan lagu Gwangbokjeol.

7. India - 15 Agustus

Lebih awal dua hari dari Hari Kemerdekaan RI, India merayakan kebebasan mereka dengan cara Perdana Menteri menaikkan bendera India dan berpidato di Red Fort, Delhi. Setelah itu, warga akan melayangkan layangan ke langit lepas sebagai simbol kemerdekaan.
Adu layangan ini bisa jadi sangat kompetitif di angkasa dan suasana jadi lebih meriah.

 

Artikel Selanjutnya
RI Raih Juara 3 di Festival Musik Tradisional Uzbekistan
Artikel Selanjutnya
Festival Alun-Alun Indonesia Siap Meriahkan Kanada