Sukses

Menang Sepeda dari Jokowi Bisa Bikin Langsing

Liputan6.com, Jakarta Dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, Kamis (17/8/2017), Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan sepeda. Lima buah sepeda diberikan kepada tamu undangan di Istana Negara yang menghadiri Upacara Hari Kemerdekaan. 

Acara bagi-bagi sepeda ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Presiden Jokowi. Dalam berbagai kesempatan sebelumnya, sang Presiden juga sering membagikan alat transportasi yang juga bisa digunakan untuk berolahraga ini. 

Apa sebenarnya manfaat sehat dari rajin bersepeda?

Orang yang bersepeda menuju tempat aktivitas cenderung mudah menjaga berat badan. Jurnal The Lancet menyebutkan, bersepeda merupakan olahraga yang tepat untuk menurunkan atau menjaga berat badan.

Fakta ini terungkap lewat studi yang melibatkan data 72 ribu pria dan 83 ribu wanita usia 40-60. Setelah dianalisis, pengguna sepeda cenderung memiliki lemak tubuh dan indeks masa tubuh lebih rendah dibandingkan yang berjalan kaki menuju tempat tujuan.

Rata-rata, mereka yang bersepeda memiliki berat badan lima kilogram lebih ringan dibandingkan yang naik mobil ataupun naik kendaraan umum, seperti mengutip Huffington Post, Kamis (17/8/2017).

Bagi Anda yang tidak memiliki sepeda jangan berkecil hati. Orang yang rutin berjalan kaki disebutkan dalam studi ini mampu menurunkan dan menjaga berat badan. Walau memang, dampaknya tidak sebaik mereka yang rutin bersepeda.

Jadi, bagi Anda yang memiliki aktivitas duduk terus-menerus disarankan untuk aktif melakukan aktivitas fisik. Peneliti menekankan bagi mereka yang aktivitas fisik rendah, selain rutin bersepeda, bisa kok menjaga berat badan dengan berjalan kaki.

Saksikan juga video menarik berikut

Artikel Selanjutnya
Jokowi: Baju Adat Tunjukkan Budaya Indonesia Berwarna
Artikel Selanjutnya
4 Fakta Unik dan Lucu di Sidang Tahunan MPR 2017