Sukses

3 Cara Cemburu yang Bisa Rusak Hubungan

Liputan6.com, Jakarta Rasa cemburu seringkali timbul dalam hubungan percintaan. Penyebabnya beragam, mulai dari hal sepele sampai kesalahpahaman kepada pasangan.

Mengutip laman Step to health, Kamis (17/8/2017), cemburu merupakan salah satu ekspresi untuk menyampaikan rasa cinta terhadap pasangan. Cemburu adalah wajar, selama tidak berlebihan.

Namun, apabila rasa cemburu sudah melewati batas wajar, hal ini bisa berdampak negatif terhadap hubungan Anda dan pasangan. Berikut ini tiga hal yang tidak boleh dilakukan saat Anda merasa cemburu.

1. Mencoba mengendalikan pasangan

Orang yang cemburu seringkali mencoba untuk mengendalikan pasangan mereka. Selain itu, orang yang cemburu cenderung mementingkan diri mereka sendiri.

Hal ini dapat menyebabkan pasangan merasa sangat tertekan dan berharap dapat istirahat dari hubungan mereka. Jika kondisi bertambah parah, hal ini bisa berujung pada perpisahan. Sayangnya, orang cemburu tidak menyadari perasaan orang lain karena kecemburuan membutakan rasa empati.

2. Mereka terus mencari bukti

Ada sesuatu yang disebut efek pygmalion, yaitu kondisi dimana seseorang mempercayai sesuatu akan terjadi dan pada akhirnya hal ini benar-benar terjadi.

Hal ini biasanya terjadi pada pencemburu yang terus mencari bukti bahwa pasangan mereka melakukan kesalahan. Bahkan orang yang cemburu bisa emosi hanya karena pasangannya menerima pesan teks dari orang lain.

3. Amarah meledak secara tiba-tiba

Orang yang cemburu seringkali tampak sedih karena rasa ketidakpercayaan terhadap pasangan. Oleh karena itu, ketika mereka menemukan sedikit bukti mengenai suatu hal, ini dapat menyebabkan mereka menjadi cemburu dan melepaskan amarah yang memuncak.

Sayangnya, biasanya orang yang cemburu menumpuk rasa marah dan mengeluarkan sekaligus. Jika hal ini terjadi, hubungan Anda bisa berujung pada perpisahan.

Saksikan video menarik berikut:

Artikel Selanjutnya
Sedang Menganggur? Lakukan Hal Ini Biar Tetap Produktif
Artikel Selanjutnya
Diajak Nikah? Tanyakan 5 Hal ini Dulu!