Sukses

Ada 5 Bahasa Kasih dalam Percintaan, Anda yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta Dalam hubungan percintaan, ada banyak cara mengungkapkan perasaan terhadap pasangan. Setidaknya, menurut Dr. Gary Chapman, hal tersebut terbagi ke dalam lima kategori bahasa kasih.

Dalam bukunya yang berjudul The Five Love Languages, Chapman menyebutkan lima kategori tersebut, yaitu kata-kata cinta, menghabiskan waktu bersama, memberi hadiah, melayani, dan sentuhan fisik.

Menurut psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, penting bagi pasangan untuk memahami seperti apa tipe pasangannya. "Ada tipe-tipe bahasa kasih yang kita perlu tahu dan kita harus pahami pasangan kita masuk kategori yang mana jadi kita bisa memberikan kasih sayang secara tepat," ucap Lizzie dalam acara Fiesta fun talk bertema Millenials Romance 101 yang berlangsung di Artotel Thamrin, Jakarta Pusat pada Rabu (16/8/2017).

Mengenai lima bahasa kasih tersebut, berikut ini penjelasannya.

1. Kata cinta (Words of Affirmation)

Kategori yang pertama ini merupakan tipe orang yang senang apabila sering mendapatkan ungkapan cinta. Lizzie mencontohkan orang yang masuk ke dalam kategori ini, misalnya wanita yang senang dipuji atau mendapat puisi dari pasangannya.

2. Waktu berkualitas (Quality time)

Seseorang yang mendambakan waktu yang berkualitas dalam hubungan percintaannya, biasanya lebih senang menghabiskan waktu berdua dibandingkan menerima hadiah dari pasangannya. Selain itu, orang yang termasuk kategori ini biasanya akan lebih memilih fokus terhadap pasangannya daripada sibuk memainkan gadget.

3. Menerima hadiah (Receiving gifts)

Orang yang masuk dalam kategori ini biasanya senang apabila pasangannya memberikan sesuatu hal terhadapnya. Lizzie menjelaskan, orang yang masuk kategori ini bukan berarti matrelialistis.

"Kategori ini bukan berarti matre, hadiah juga enggak harus mahal, bisa dengan hadiah buatan sendiri. Tapi lebih kepada senang diberikan sesuatu yang nyata sebagai bentuk perhatian," papar Lizzie.

4. Melayani (Acts of Service)

Acts of service merupakan tipe orang yang senang apabila mendapatkan bantuan dari pasangannya. Bantuan itu tak harus sesuatu yang rumit, melainkan bisa diwujudkan melalui hal simpel seperti membantu saat pasangannya mengerjakan tugas yang sulit.

5. Sentuhan fisik (Physical Touch)

Kategori terakhir ini biasanya masuk ke dalam kategori orang yang mengartikan hubungan percintaan melalui sentuhan sebagai cara menunjukkan kasih sayang. Misalnya, menggandeng tangan atau mengusap kepala sebagai bentuk perhatian.

Lizzie menjelaskan, manfaat memahami tipe bahasa kasih yaitu agar setiap pasangan dapat menjalani hubungan yang lebih berkualitas. "Jangan sampai pasangan kita tipe yang ingin quality time, tapi yang kita kasih justru pujian atau hadiah," tutupnya.

 Saksikan video menarik berikut:

Artikel Selanjutnya
Hapalkan 8 kosakata Ini Kalo Mau Dibilang Anak Gaul
Artikel Selanjutnya
6 Pertanyaan yang Buktikan Cinta pada Pasangan