Sukses

Kenapa Minum Air Dingin Picu Sakit Kepala?

Rasa sakit kepala usai minum air dingin kerap terjadi pada orang yang sering mengalami migrain.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mengalami sakit kepala usai minum air dingin atau makan es? Jika iya, ada beberapa studi yang mencoba menelaah hal tersebut.

Penelitian yang dilakukan ahli saraf dari Sweden University Hospital, Peter Mattsson, mengatakan, usai minum air dingin atau makanan dingin seperti es krim memicu sakit kepala atau migrain. Kondisi ini lebih kerap terjadi pada wanita daripada laki-laki.

Rasa sakit tersebut biasanya terjadi beberapa detik sesudah mengonsumsi yang dingin. Rasa sakit kepala mencapai puncaknya 20-60 detik sesudah mengonsumsi minuman atau makanan dingin, berdasarkan studi yang dilakukan dokter saraf dari Mayo Clinic College of Medicine, Ivan Garza.

Sakit kepala berlangsung beberapa menit sampai lima menit usai minum air es. Walau sebentar, tetap saja rasanya tidak menyenangkan. Rasa sakit bakal terasa di bagian tengah depan kepala, diikuti bagian lain di sekitarnya.

Garza mengungkapkan, biasanya rasa sakit kepala karena minum air dingin terjadi pada mereka yang sering menderita migrain. Bahkan, saat sakit kepala datang bisa terasa begitu berdenyut.

Peneliti belum mengetahui penyebab sakit kepala, tapi berdasarkan riset dari John Hopkins University, hal ini terjadi karena kombinasi antara stimulasi saraf yang sensitif terhadap suhu ditambah dengan efek dingin yang mengalir di pembuluh darah, mengutip Everyday Health, Kamis (16/8/2017).

Sementara, hasil studi lain dari Harvard Medical School mengungkapkan, sakit kepala terjadi karena peningkatan aliran darah yang cepat dari pembuluh darah utama ke otak. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.