Sukses

Kurus seperti Jokowi? Berikut 5 Cara Sehat Tambah Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki tubuh kurus seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi), jangan asal-asalan ya saat mencoba menaikkan berat badan. Cara sehat menaikkan berat badan bukan dengan perbanyak makan junk food atau pasta.

"Orang yang ingin menambah berat badan, selain memperbanyak asupan kalori, tapi di dalamnya harus mengandung nutrisi juga," kata ahli nutrisi Kim Larson dari Seattle, Amerika Serikat.

Nah berikut lima cara menaikkan berat badan dengan cara sehat mengutip laman WebMD, Rabu (16/8/2017).

1. Konsumsi makanan tinggi kalori, tapi bernutrisi

Saat makan pastikan mengonsumsi makanan tinggi kalori seperti membuat salad dengan minyak sehat daripada membeli. Lalu, pilih bagel daripada English muffin.

Masukkan juga menu ikan berlemak seperti salmon saat makan malam. Ikan tinggi kalori yang satu ini memiliki asam lemak omega-3 sehat. Lalu, pilih makanan penutup yang bernutrisi seperti yoghurt atau oatmeal cookies.

2. Makan tiga kali sehari plus camilan

Pastikan makan tiga kali sehari dan ada dua kali makan camilan. Sebelum makan malam konsumsi camilan bernutrisi ya.

"Saya merekomendasikan makan setiap tiga jam sekali. Baik itu makan besar atau camilan. Saat makan camilan pastikan mengandung 100 kalori dan makan besar mengandung 500 kalori," kata ahli nutrisi, Nancy Farell.

3.Pilih camilan yang padat nutrisi

Ada beberapa makanan yang tinggi kalori dan nutrisi tapi ukurannya kecil. Para ahli nutrisi menyebutnya dengan calorie-dense. Dengan mengonsumsi makanan seperti itu tidak membuat perut kenyang terlalu cepat. Contohnya kacang, buah kering, roti selai kacang.

4. Sayuran tinggi tepung

"Beberapa orang takut pada sayuran bertepung, tapi ini adalah sumber serat dan nutrisi penting. Contohnya jagung," kata Farell.

5. Minum smoothies dan jus

Orang yang biasa makan sedikit terkadang kaget bila harus makan banyak. Nah, solusinya bisa dengan mengonsumsi jus. Selain itu, smoothie juga merupakan salah satu minuman ideal bagi yang ingin menaikkan berat badan karena di dalamnya banyak komponen. *

Saksikan juga video menarik berikut:

Artikel Selanjutnya
‎Jokowi Janji Setiap Rupiah Uang Pajak Digunakan untuk Rakyat
Artikel Selanjutnya
Doa Tifatul Sembiring: Ya Allah Gemukkanlah Badan Presiden Jokowi