Sukses

Secara Ilmiah, Ini Alasan Anda Masih Ingin Berteman dengan Mantan

Liputan6.com, Jakarta Ingin tetap berteman dengan mantan setelah putus adalah tujuan yang baik. Apalagi jika hubungan yang berakhir adalah pernikahan yang melibatkan anak-anak. Sayangnya, keinginan baik ini tidak selalu berjalan lancar.

Dalam sebuah makalah yang baru saja diterbitkan, peneliti dari University of Kansas menggunakan dua studi untuk menentukan, kenapa ada orang yang memilih untuk berteman dengan mantan setelah putus. Penelitian ini juga memberikan sedikit gambaran, apakah hubungan pertemanan ini bisa bertahan atau tidak.

Studi pertama menyurvei 115 pria dan 173 wanita, mencari tahu apakah mereka masih berteman dengan mantan. Survei ini menemukan 29 alasan potensial tentang mereka yang masih berteman, termasuk "tidak ingin kehilangan teman", "telah berbagi sejarah dan memori", sampai ke "ingin berlaku sopan".

Sebanyak 59 persen responden mengaku mereka masih berteman dengan mantan.

Para peneliti menemukan ada empat alasan utama yang melandasi hal ini: keamanan, alasan praktis, kesopanan, dan rasa cinta yang belum padam.

Ketika mantan pasangan memutuskan untuk tetap berteman dengan alasan keamanan (security), biasanya hal ini berarti, mereka tidak ingin kehilangan dukungan emosional yang biasa diberikan sang mantan.

Alasan praktis melibatkan, berbagi hak asuh, saling bergantung secara keuangan, atau berbagi harta (aset).

Tetap berlaku sopan walau sudah tidak berhubungan bisa menghindari konfrontasi atau drama. Selain itu, rasa cinta yang belum padam sepertinya sudah cukup jelas.

Untuk studi kedua, para peneliti mengumpulkan data dari 241 pria dan 293 wanita untuk melihat, kemungkinan hubungan pertemanan antarmantan ini bertahan.

Secara keseluruhan, makalah ini menuliskan, "Pertemanan yang terjalin tidak memuaskan tapi juga tidak juga mengganggu, cenderung netral."

Mereka juga menyimpulkan, mantan pasangan yang berteman untuk alasan keamanan dan praktis, bisa bertahan lebih lama hubungannya, dan biasanya berefek positif.

Sementara mantan pasangan yang berteman karena masih menyimpan perasaan, efek lanjutnya cenderung negatif. Mereka yang berteman karena hanya ingin berlaku sopan juga tidak bertahan lama pertemanannya.

Yang jelas, apa pun alasan Anda ingin terus berteman dengan mantan, penelitian ini menunjukkan hal tersebut adalah sesuatu yang mungkin dilakukan. Melansir Women's Health, Rabu (16/8/2017). *

Artikel Selanjutnya
6 Hal Ini yang Membuat Anda Masih Single
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Anda Tidak Puas dengan Hubungan Asmara