Sukses

Kenapa Ada Orang yang Susah Gemuk?

Liputan6.com, Jakarta Dalam Sidang Tahunan MPR 2017 yang dilangsungkan hari ini, Selasa (16/8/2017), Tifatul Sembiring, politisi PKS, yang memimpin doa pada kesempatan itu memohonkan sesuatu untuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Tifatul berharap sang Presiden bisa lebih gemuk lagi badannya. Tidak seperti kebanyakan pria di usianya, Jokowi memang memiliki badan yang cenderung kurus.

Berbeda dengan harapan untuk Jokowi, menjadi gemuk adalah kondisi yang dikhawatirkan sebagian besar perempuan dan laki-laki. Umumnya individu diet mati-matian agar berat badan tetap stabil. Tapi ada pula individu lain yang justru malah nyaris putus asa karena berat badan tak kunjung naik.

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang kehilangan berat badan, di antaranya stres berkepanjangan, sakit, atau karena alasan genetik.

Berikut lima penyebab seseorang susah gemuk, mengutip laman Step to Health, Rabu (16/8/2017).

- Faktor genetik

Ada individu yang tak mampu makan melebihi batas tertentu. Ketika makanan masuk ke perut, sejumlah hormon dalam tubuhnya akan mengirim sinyal kenyang sehingga mencegah mereka makan berlebih.

- Faktor serat otot lebih banyak

Terkadang komposisi genetika seseorang membuat mereka memiliki serat otot lebih banyak dibanding individu lainnya. Ini membuat mereka membakar lebih banyak energi ketika beristirahat. Tentu saja ini membuat mereka sulit gemuk.

- Faktor karakter dan kepribadian

Ada individu yang memang cenderung tak bisa diam. Mereka tak tenang hanya duduk diam dan merasa perlu harus selalu aktif. Biasanya mereka akan menggerak-gerakkan kaki atau tangan ketika duduk. Maka dari itu, mereka cenderung selalu membakar kalori hampir di setiap waktu.

- Faktor kesulitan menyerap nutrisi

Penyerapan nutrisi adalah faktor kunci agar tubuh memiliki energi untuk beraktivitas. Jika tubuh sulit menyerap nutrisi maka sulit pula untuk bisa gemuk.

- Faktor penyakit tertentu

Penyakit seperti hipertiroid, anoreksia, bulimia, atau diare kronis, stres, dan depresi juga memengaruhi berat badan seseorang.

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit
Artikel Selanjutnya
KOLOM BAHASA: 6 Salah Kaprah dalam Berbahasa