Sukses

Tak Cuma Ibu, Ayah Juga Bisa Depresi

Menyandang status baru sebagai ayah, para pria juga bisa mengalami depresi.

Liputan6.com, Jakarta Bukan cuma ibu yang mengalami depresi usai melahirkan (postpartum depression). Pria juga bisa mengalami kondisi depresi usai menyandang status sebagai ayah.

"Depresi pascamelahirkan dan kecemasan bukan hanya eksklusif milik wanita," kata psikolog klinis di Philadelphia, Gabrielle Mauren.

Mauren mengungkapkan bahwa depresi pada ayah usai anak lahir itu amat nyata dan umum. Salah satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menungkap, ayah bisa mengalami depresi hingga 68 persen selama lima tahun pertama kehidupan anak.

Bila ibu mengalami postpartum depression, pasangannya juga memiliki potensi terkena depresi 40 persen seperti mengutip Women's Health, Rabu (16/8/2017).

Dalam American Journal of Human Biology menunjukkan pria juga mengalami perubahan hormon selama istri hamil dan sesudah melahirkan. Terjadinya penurunan kadar testosteron mampu memicu peningkatan depresi dan kecemasan. 

Selain itu, Maureen mengungkapkan ketika seseorang memiliki anak membuat kehidupan menjadi berubah. Mulai dari perubahan aktivitas, tanggung jawab, dan waktu. Perubahan tersebut bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang, termasuk ayah menjadi depresi. Bila hal ini terjadi, sebaiknya ayah segera mencari pertolongan. *

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Depresi adalah kelainan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus-menerus.

    Depresi

Video Terkini