Sukses

Tak Cuma Ibu, Ayah Juga Bisa Depresi

Liputan6.com, Jakarta Bukan cuma ibu yang mengalami depresi usai melahirkan (postpartum depression). Pria juga bisa mengalami kondisi depresi usai menyandang status sebagai ayah.

"Depresi pascamelahirkan dan kecemasan bukan hanya eksklusif milik wanita," kata psikolog klinis di Philadelphia, Gabrielle Mauren.

Mauren mengungkapkan bahwa depresi pada ayah usai anak lahir itu amat nyata dan umum. Salah satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menungkap, ayah bisa mengalami depresi hingga 68 persen selama lima tahun pertama kehidupan anak.

Bila ibu mengalami postpartum depression, pasangannya juga memiliki potensi terkena depresi 40 persen seperti mengutip Women's Health, Rabu (16/8/2017).

Dalam American Journal of Human Biology menunjukkan pria juga mengalami perubahan hormon selama istri hamil dan sesudah melahirkan. Terjadinya penurunan kadar testosteron mampu memicu peningkatan depresi dan kecemasan. 

Selain itu, Maureen mengungkapkan ketika seseorang memiliki anak membuat kehidupan menjadi berubah. Mulai dari perubahan aktivitas, tanggung jawab, dan waktu. Perubahan tersebut bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang, termasuk ayah menjadi depresi. Bila hal ini terjadi, sebaiknya ayah segera mencari pertolongan. *

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

  • Depresi adalah kelainan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus-menerus.
    Depresi
Artikel Selanjutnya
HEADLINE: Staf BNN Tewas Ditembak Suami, Tak Tahan Hidup Susah?
Artikel Selanjutnya
Tak Kunjung Pulang, Anak Mencari Keberadaan Caisar