Sukses

3 Penyebab BAB Anda Disertai Darah

Beberapa hal bisa menyebabkan darah keluar saat BAB, misalnya ambeyen.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu tanda yang mengindikasikan gangguan kesehatan yaitu saat Anda buang air besar (BAB) disertai darah.

"Buang air besar disertai darah dapat mencerminkan kondisi di dalam usus Anda," ucap Niket Sonpal, M.D, seorang gastroenterologis dan professor klinik di New York, seperti dikutip dari laman Womens Health Mag, Rabu (16/8/2017).

Penyebab darah yang keluar saat BAB beragam, Sonpal menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami hal tersebut. Berikut beberapa penyebab munculnya darah saat BAB yang bisa dihindari. 

1. Mag

Darah yang keluar saat BAB bisa jadi disebabkan oleh mag. Salah satu cara mengetahuinya dengan melihat warna darah tersebut. Biasanya darah yang berwarna lebih gelap dan hampir kehitaman berasal dari saluran pencernaan bagian atas seperti perut.

Untuk menghindarinya, cobalah untuk menghindari stres, mengurangi alkohol, dan mengurangi asap rokok.

2. Ambeien

Penyebab darah yang keluar saat BAB lainnya yaitu ambeien. Pada kasus ini, biasanya darah yang keluar berwarna merah terang atau merah marun.

Jika memang disebabkan oleh wasir, Sonpal menyarankan mengubah pola makan dan memperbanyak serat sebagai cara untuk mencegah hal itu bertambah parah.

3. Penyebab lainnya

Penyebab umum lain dari keluarnya darah saat BAB yaitu celah anal, merupakan darah yang disebabkan oleh sembelit sebelum persalinan.

Selain itu, darah yang keluar saat BAB juga bisa mengindikasikan kanker kolorektal. Jika Anda memiliki riwayat kanker gastro intestinal (GI) di keluarga Anda, Sonpal menyarankan untuk melakukan colonoscopi reguler lebih awal untuk mendeteksi hal tersebut. 

 

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini