Sukses

Belum Terbukti Siswi Demak Lumpuh Akibat Imunisasi

Siswi asal Demak Niken Angelia yang dikabarkan lumpuh usai menjalani imunisasi MR kini dirawat di RS Kariadi Semarang bakal menjalani MRI.

Liputan6.com, Jakarta Siswi asal Demak, Niken Angelia, yang dikabarkan lumpuh usai menjalani imunisasi MR kini dirawat di RS Kariadi Semarang. Guna menegakkan diagnosis, Niken akan menjalani pemeriksaan lanjutan termasuk MRI.

"Masih dilakukan pemeriksaan lanjutan. Hari ini akan menjalani MRI (Magnetic Resonance Imaging)," kata Ketua Komisi Nasional Pengakajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas PP KIPI), Hindra Irawan Satari di Jakarta pada Selasa (15/7/2017).

MRI merupakan alat pemindai yang memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio untuk menampilkan gambar struktur dan organ dalam tubuh. MRI bisa memberikan informasi struktur tubuh yang tidak dapat ditemukan pada tes lain, seperti X-ray, ultrasound, atau CT scan.

Menurut pemeriksaan fisik yang dilakukan pada Niken, dokter menemukan kondisi siswi SMPN 4 Demak ini memiliki kaki kanan lebih kecil dan mata juling sebelum disuntik vaksin.

Hingga hari ini dokter yang memeriksa Niken belum menemukan bukti hubungan langsung antara suntikan MR dengan kelumpuhan yang terjadi pada anak tersebut. Artinya, tidak ada hubungan antara suntikan vaksin MR dengan kondisi yang dialami anak tersebut.

"Namun kan data-data masih bisa masuk, laporan masih bisa masuk, gejala lain mungkin ada kembali yang memerlukan kajian lagi. Namun sampai saat ini data-data yang ada tidak memperkuat bukti memiliki hubungan kausal (antara imunisasi MR dengan lumpuh)," kata Hindra.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini