Sukses

Anak-Anak PAUD Maplima Wamena Akhirnya Bisa Gunakan Toilet

Toilet jadi pemandangan baru bagi anak-anak yang bersekolah di PAUD Wamena, Papua.

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan toilet menjadi pemandangan baru bagi anak-anak yang bersekolah di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Anak Jalanan Maplima, Wamena, Papua. Mereka belajar untuk buang air kecil dan besar dengan baik.

Tak hanya itu, anak-anak Papua ini juga diajak mencuci tangan agar terbebas dari bakteri. Lantas bagaimana anak-anak menggunakan toilet? Apakah mereka kesulitan menggunakan toilet?

"Di sini (PAUD Maplima), kalau anak-anak yang sudah besar (berusia 6 tahun) bisa menggunakan toilet sendiri. Mereka sudah tahu harus menyiram dan membersihkan sendiri selesai menggunakan toilet. Kalau anak-anak yang masih kecil (berusia 3 tahun) harus diantar ke toilet," kata Kepala PAUD Maplima, Ben Tabuni kepada Health-Liputan6.com.

Saat diwawancara di PAUD Maplima, Ben menuturkan sebelum dibangun toilet ini, anak-anak PAUD Maplima menggunakan toilet darurat di belakang sekolah.

Pembangunan toilet ini didirikan berkat adanya bantuan kampanye #BeraniMimpi Wahana Visi Indonesia (WVI). Pengecatan toilet juga dilakukan pada salah satu kegiatan WVI #BeraniMimpi untuk Papua, yang dilakukan pagi ini, Selasa (15/8/2017).

Toilet sudah bisa digunakan sejak April 2017. Jumlah anak yang belajar di PAUD Maplima kini sebanyak 32 orang. Kelas PAUD terdiri atas dua kelas, yaitu kelas A (usia 3-4 tahun) dan kelas B (usia 5-6 tahun). PAUD Maplima sudah ada sejak 2012, tapi tidak aktif. Mereka kembali aktif pada 2015. *

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.