Sukses

Pertolongan Pertama pada Orang yang Tersambar Petir

Beberapa hal dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama korban sambaran petir.

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang tersambar petir harus mendapatkan pertolongan pertama secepatnya. Ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti serangan jantung atau kematian.

Beberapa hal dapat dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama bagi korban.

1. Berikan bantuan medis

Mengutip laman Web md, Selasa (15/8/2017), orang yang tersambar petir kemungkinan mendapat serangan jantung. Untuk itu sesegera mungkin bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan dan pemeriksaan lebih lanjut.

2. Beri pertolongan jika aman dan memungkinkan

Jika melihat seseorang tersambar petir, berilah pertolongan jika memungkinkan, namun jika Anda juga berisiko terkena sambaran petir, tunggu sampai keadaan aman dan memungkinkan.

3. Lakukan resusitasi jantung paru (RJP)

Jika korban sambaran petir tidak sadar dan nampak tidak bernapas secara normal, gunakan defibrillator eksternal otomatis atau lakukan resusitasi jantung paru atau napas buatan pada korban.

4. Atasi syock pada korban jika diperlukan

Korban sambaran petir seringkali mengalami shock. Cara mengatasinya, baringkan tubuh korban dengan posisi kepala lebih rendah dari torso dan kaki. *

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini