Sukses

Hindari Melakukan 3 Hal Ini Sehabis Makan

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang langsung tidur sehabis makan siang atau makan malam, padahal hal itu sangat tidak dianjurkan dan dapat merugikan Anda.

Saat tubuh mengambil posisi telentang sesudah makan, ini dapat menyebabkan kembalinya makanan ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi terbakar di area dada. Akibatnya asam lambung akan naik ke atas.

Menurut dr Mega Putri dari Klikdokter.com, Selasa (15/8/2017) untuk melanjutkan tidur setelah makan, setidaknya tunggu minimal satu jam. Selain tidur, ada beberapa kegiatan lain yang tidak boleh dilakukan secara langsung sehabis makan. Kira-kira apa saja ya? Simak selengkapnya berikut ini!

1. Makan buah

Makan buah sangat dianjurkan untuk memperlancar pencernaan dan tubuh yang lebih sehat. Sayang, menurut dr Mega, makan buah secara langsung setelah makan dapat menimbulkan efek fermentasi dalam usus dan menimbulkan gas berlebih. Akibatnya, tak jarang Anda merasa kembung atau begah jika melakukan hal ini.

Sebaiknya konsumsi buah satu atau dua jam sebelum makan. Cara ini juga bisa menjadi siasat cemerlang untuk membatasi porsi makan yang berlebihan.

2. Olahraga

Langsung berolahraga setelah makan dapat menimbulkan efek nyeri, mual, dan muntah. Hal ini terjadi akibat organ pencernaan akan kehilangan daya untuk mencerna makanan yang baru saja masuk.

3. Minum teh

Minum es teh manis sehabis makan memang terdengar segar dan nikmat, tapi kebiasaan meminum teh setelah makan akan mengganggu penyerapan beberapa nutrisi, seperti zat besi. Hal ini akan sangat merugikan tubuh, terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan juga ibu hamil. Sebab, kekurangan zat besi akan berisiko penyakit anemia. *

Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya
Artikel Selanjutnya
5 Hal Menakutkan yang Terjadi, Bila Anda Tidak Sarapan