Sukses

Makanan dan Minuman Ini Tidak Boleh Dicampur Soda, Apa Bahayanya?

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang mengetahui bahwa mengonsumsi soda tidak baik bagi kesehatan. Tak hanya itu, beberapa makanan dan minuman juga ternyata memiliki bahaya jika dicampur atau dinikmati bersama soda.

Mengutip laman Step to Health, Selasa (15/8/2017), mengonsumsi soda bersama makanan dan minuman tertentu juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan ketidakseimbangan internal tubuh.

Berikut ini daftar makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dinikmati atau dicampur dengan soda.

1. Makanan yang dibuat dari susu

Beberapa kue dan makanan yang dibuat dengan susu, misalnya kue. Saat makanan ini sampai di perut, kombinasi soda dan susu menghasilkan banyak keasaman yang akan mengakibatkan kram perut, acid reflux atau gangguan pencernaan.

2. Kopi

Kombinasi kopi dan soda memiliki bahaya tersembunyi karena dosis kafein yang tinggi dalam minuman tersebut. Minuman ini harus dihindari dikonsumsi malam hari karena dapat menyebabkan insomnia, mimpi buruk dan gangguan tidur lainnya.

Tak hanya itu, Anda juga berisiko terkena gangguan pencernaan, seperti kram perut.

3. Makanan pedas

Makanan pedas dan makanan lainnya yang mengandung bumbu hangat seperti kari dan biji jinten akan secara otomatis menaikkan temperatur tubuh. Oleh karena itu disarankan untuk tidak mengonsumsi soda bersama makanan pedas.

Hal ini dapat menyebabkan perubahan kandungan soda menjadi asam sulfur pada temperatur tubuh yang tinggi. *

 

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini