Sukses

Dapatkan 7 Manfaat Sehat Sarapan

sarapan merupakan hal penting bagi tubuh untuk menunjang aktivitas harian.

Liputan6.com, Jakarta Seringkali kita melewatkan sarapan saat sedang terburu-buru berangkat kuliah, sekolah atau kerja. Namun ternyata kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan.

Sarapan dapat menunjang aktivitas harian kita. Tubuh yang tidak sarapan akan kekurangan energi dan membuat kita susah untuk berkonsentrasi.

Menurut Kementerian Kesehatan Tahun 2014 sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan dari pagi sampai pukul sembilan pagi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Dianjurkan memilih sarapan dengan porsi sehat dan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, zat, protein, vitamin, mineral, kalsium, dan lemak baik. Salah satu contoh menu sehat untuk sarapan adalah perpaduan antar susu sereal telur vitamin dan mineral juga kombinasi antara unsur padat dan cair.

Apa saja manfaat makan pagi yang tak boleh diabaikan? Seperti yang dikutip dari akun Klik Dokter dari Vidio.com, Senin, (14/8/17).

1. Sarapan akan meningkatkan metabolisme tubuh

Ketika metabolisme tubuh meningkat maka pembakaran kalori di dalam tubuh juga akan meningkat juga, saat itu tubuh akan menghasilkan banyak energi. Energi yang dihasilkan setelah sarapan akan digunakan oleh otot dan sistem saraf untuk membantu agar kita tetap aktif dan cekatan.

2. Membuat tulang lebih kuat

Sarapan yang dilengkapi dengan susu memiliki manfaat kalsium yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membantu proses pertumbuhan.

3. Memberi nutrisi pada otak

Perut yang kosong akan mengganggu konsentrasi. Lakukan sarapan rutin karena dapat memberi nutrisi pada otak sehingga membantu konsentrasi dalam bekerja agar lebih produktif. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan fungsi kognitif

4. Meningkatkan fungsi kognitif pada anak

Sarapan dapat meningkatkan fungsi kognitif saat mereka melakukan aktivitas belajar dan bermain.

5. Menjaga kadar gula darah

Selain memberikan nutrisi bagi otak dan energi bagi tubuh sarapan juga meningkatkan kembali kadar gula darah yang sempat menurun saat tidur di malam hari.

6. Mencegah penyakit diabetes

Dengan mencegah kadar gula darah, dapat menghindari penyakit diabetes. Mencegah keinginan makan berlebih juga menekan kelebihan makan banyak pada siang hari karena kebutuhan gula sudah terpenuhi di pagi hari, berat badan pun lebih terkendali.

7. Mencegah sakit maag

Telat makan dapat mengakibatkan mag, penyakit ini disebabkan oleh naiknya kadar asam lambung. Sarapan sebelum melalukan aktivitas dapat menghindari hal ini terjadi, karena tubuh telah mendapatkan asupan gizi terlebih dahulu.

8. Mencegah hormon stres

Sarapan juga dapat melepaskan hormon kortisol, yaitu hormon yang menyebabkan stres pada pagi hari sehingga aktivitas sepanjang hari terasa lebih menyenangkan.

Mari biasakan diri untuk sarapan sebelum Anda memulai aktivitas harian.

Penulis: Michelle Tania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.