Sukses

Hindari 3 Perasaan Ini agar Hidup Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang ingin merasa bahagia dalam hidup. Namun sayangnya ada beberapa perasaan yang bisa menghalangi Anda merasa bahagia.

Mengutip laman Step to Health, Selasa (15/8/2017), lingkungan sekitar memberikan pengaruh terbesar terhadap kepribadian seseorang. Selain itu, lingkungan juga memainkan peran dalam menentukan perasaan Anda dan bagaimana Anda bereaksi terhadap hal tersebut.

Meski demikian, bahagia atau tidaknya seseorang ditentukan oleh diri sendiri. Untuk itu, penting untuk mengontrol tiga jenis perasaan negatif berikut agar tetap merasa bahagia.

1. Merasa bersalah

Jika ingin merasa bahagia, jenis emosi pertama yang harus dihindari adalah merasa bersalah karena ini adalah salah satu senjata paling kuat yang bisa digunakan orang lain terhadap Anda.

Beberapa orang akan membuat Anda merasa bersalah jika Anda tidak melakukan hal yang mereka inginkan. Permasalahannya adalah jika Anda membiarkan rasa bersalah timbul, hal ini bisa melekat selamanya.

Untuk mengatasinya, saat merasa bersalah cobalah untuk mencari tahu akar permasalahannya.

Apakah Anda merasa bersalah karena melakukan sesuatu yang bertentangan dengan nilai yang Anda yakini, atau apakah karena seseorang mengatakan bahwa Anda melakukan sesuatu yang salah? Jika seseorang membuat Anda merasa bersalah, namun Anda merasa telah melakukan hal yang benar, jangan biarkan mereka melakukannya lagi.

Ini tidak berarti Anda harus melawan prinsip. Namun, Anda harus melakukan apa yang membuat Anda bahagia. Ingatlah bahwa kesalahan terburuk adalah menjalani hidup yang diinginkan orang lain dan tidak menemukan kebahagiaan Anda sendiri. 

2. Merasa malu

Merasa malu merupakan hal wajar jika terjadi saat Anda melawan prinsip Anda, terutama saat orang lain menganggap itu hal buruk.

Namun perasaan malu menjadi masalah jika itu berlebihan atau Anda sering merasa malu. Hal ini mengindikasikan Anda merasa bahwa Anda merasa harga diri Anda rendah.

Cobalah cari tahu apa yang terjadi pada diri Anda dan atasi hal tersebut.

3. Rasa benci

Kebencian merupakan jenis emosi yang muncul saat seseorang merasa orang lain tidak melakukan apa yang Anda harapkan.

Penting untuk mempelajari pertanda kebencian karena hal ini masuk ke dalam hidup seseorang karena sebuah alasan.

Cara mengatasinya, carilah akar kebencian yang Anda rasakan dan temukan solusinya. Terkadang jalan keluar dari sebuah kebencian adalah melawannya dengan cinta dan kasih sayang. Cobalah untuk menurunkan ego yang Anda miliki. 

 

Saksikan video menarik berikut:

Artikel Selanjutnya
Tips Hindari Pertengkaran Pasangan agar Tak Berujung Pembunuhan
Artikel Selanjutnya
12 Cara Sederhana agar Bahagia di Tempat Kerja