Sukses

5 Alasan Meditasi Kelompok Lebih Baik dibanding Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Meditasi merupakan salah satu cara untuk mengatasi stres dan depresi. Menurut penelitian, meditasi memiliki banyak manfaat. Selain menekan stres, meditasi juga efektif untuk mengatasi penyakit lainnya, misalnya insomnia.

Menurut laman The health site, Selasa (15/8/2017), meditasi lebih baik dilakukan dalam grup dibandingkan dengan meditasi yang dilakukan sendirian. Hal ini disebabkan meditasi secara berkelompok memiliki banyak keuntungan.

Berikut ini beberapa manfaat meditasi secara bersama-sama menurut Iyoti Agarwal, Art of Living Teacher.

1. Dapat membantu menentukan waktu tepat untuk meditasi

Jika Anda berjuang untuk menentukan waktu dan tempat yang tepat untuk bermeditasi, meditasi kelompok akan membantu Anda membentuk jadwal dan mengelola semua tugas lainnya.

Selain itu, meditasi kelompok di tempat yang sunyi akan membantu Anda bermeditasi tanpa gangguan apapun, seperti gangguan suara televisi atau suara kendaraan yang melintas di dekat rumah.

2. Grup meditasi membebaskan Anda dari rasa takut

Saat Anda melakukan meditasi sendirian, Anda mungkin akan merasa penasaran apakah telah melakukan hal yang benar. Jika kecemasan menguasai pikiran Anda, wajar bila Anda mempertanyakan niat dan pemikiran Anda.

Meditasi kelompok dapat membantu Anda memahami proses meditasi. Anda akan bisa mempertanyakan secara terbuka kepada instruktur dan memastikan Anda bermeditasi secara tepat.

3. Grup meditasi membuat Anda lebih antusias

Tarikan napas mendalam dan nyanyian dalam grup meditasi dapat membantu Anda mengeluarkan racun saat menghembuskan napas dan merasakan energi baru.

Momentum yang Anda dapatkan dari latihan kelompok membantu Anda mengalami perasaan senang, antusiasme dan energi baru yang ingin Anda alami berulang-ulang.

4. Grup meditasi membantu meningkatkan fokus

Meditasi dalam grup dapat menjadi cara tepat untuk meningkatkan fokus dan menghindari gangguan.

Getaran nyanyian kelompok bergema di seluruh tubuh Anda, membantu Anda menghilangkan kecemasan dan stres sehingga membantu Anda berkonsentrasi lebih baik.

Manfaat meditasi kelompok dalam meningkatkan fokus antara lain membantu Anda mengingat lebih banyak detail pekerjaan, tetap fokus dan mengurangi suasana hati yang negatif.

5. Menekan stres dan gangguan kecemasan

Grup meditasi juga dapat membantu Anda meringankan stres dan gangguan kecemasan. Hal ini akan menenangkan sistem gugup dan mengurangi produksi hormon pemicu stres seperti kortisol.

Selain itu, grup meditasi juga membantu Anda relaks dengan menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Tak hanya itu, meditasi dalam grup dapat membantu Anda merasa lebih terhubung dengan orang lain. Saat Anda berbagi kisah, Anda akan jauh dari kecemasan dan stres. *

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Artikel Selanjutnya
Tak Selalu Buruk, Bergadang Juga Punya Manfaat
Artikel Selanjutnya
Terpaut 10 Tahun, Ini Keuntungan Raisa Menikah dengan Hamish Daud