Sukses

Dahsyatnya Board Game bagi Otak di Masa Tua

Sebuah studi menunjukkan board game dapat membuat pikiran seseorang kita lebih tajam dan manfaat kognitif lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Kapan kali terakhir Anda memainkan permainan favorit pada masa kanak-kanak? Board game misalnya, catur atau ular tangga?

Mungkin sudah waktunya Anda memainkan permainan itu kembali. Sebuah studi menunjukkan, board game dapat membuat pikiran seseorang kita lebih tajam. Board game juga memiliki segudang manfaat kognitif lainnya.

Studi juga memperlihatkan permainan ini juga mempertajam memori, membangun kemampuan penalaran, dan meningkatkan kemampuan berlogika.

Memainkan board game juga bisa membantu mengenyahkan kelelahan karena cukup menyita perhatian. Dengan demikian, board game bisa membawa kembali tingkat konsentrasi seseorang yang telah lesu.

Studi lain juga menemukan adanya penurunan yang cukup besar dalam risiko demensia pada mereka yang memainkan board game.

Selain itu, karena dimainkan dalam kelompok, kebersamaan dan kesejahteraan mental bisa menjadi keuntungan lainnya dari board game. Masih ragu memainkannya kembali?

Sumber: Times of India. (Lia Wanadriani Santosa/AntaraNews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.