Sukses

Selain Kulit, 3 Organ Ini Dapat Disumbangkan, Apa Saja?

Beberapa organ manusia bisa disumbangkan kepada orang lain, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Hari donor organ selalu diperingati di India pada 13 Agustus. Hal itu dilatarbelakangi oleh timbulnya kesadaran tentang kebutuhan menyumbangkan organ.

Mengutip laman Boldsky, Senin (14/8/2017), banyak orang yang meninggal setiap tahunnya karena rusaknya salah satu organ tubuh. Penting untuk menyumbangkan organ untuk menyelamatkan hidup mereka.

Selain itu, orang yang sehat dan memiliki kemampuan mendonorkan organ bisa menyumbang tanpa khawatir kesehatannya terpengaruh.

Berikut ini merupakan beberapa organ tubuh vital yang bisa didonorkan.

1. Kulit

Transplantasi kulit atau yang disebut cangkok kulit biasanya dilakukan untuk mengobati luka bakar dan kehilangan kulit akibat infeksi.

Hanya orang yang sudah meninggal yang bisa menyumbangkan kulit. Siapa pun dapat menyumbangkan kulitnya tanpa memandang usia atau warnanya, tapi bukan orang yang menderita penyakit menular atau AIDS.

Kulit harus disumbangkan dalam waktu 6 jam setelah kematian dan hanya seperenam bagian atas dari kulit yang bisa digunakan. 

 

Jantung, ginjal, dan kornea

2. Jantung

Donor jantung dapat dilakukan bagi seseorang yang telah meninggal. Penerima donor biasanya pasien yang menderita gagal jantung atau orang yang lahir dengan jantung yang cacat. Begitu orang yang akan mendonorkan jantung dinyatakan meninggal, transplantasi harus segera dilakukan.

3. Ginjal

Donor ginjal bisa dilakukan dari orang yang sudah meninggal ataupun masih hidup. Biasanya penerima donor ginjal merupakan pasien yang mengalami gagal ginjal.

Ginjal yang diberikan oleh pendonor yang masih hidup akan membuat penerima donor menyingkirkan dialisis selama sisa hidup mereka.

Sedangkan untuk pemberi donor, ukuran sisa ginjal akan membesar dan bekerja untuk ginjal yang hilang.

4. Kornea

Hampir semua orang bisa menyumbangkan kornea mata jika tidak terancam dengan penyakit menular.

Donor ini bertujuan mengembalikan penglihatan mata kepada mereka yang menderita kebutaan kornea.

Hanya orang yang meninggal dapat menyumbangkan korneanya dan transplantasi harus dilakukan dalam waktu 24 jam. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini