Sukses

Terlalu Banyak Makan 3 Sayuran Ini Bisa Berisiko

Tiga jenis sayuran ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Apa saja ya?

Liputan6.com, Jakarta Nutrisi dalam sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meski sehat ada beberapa jenis sayuran yang tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Apa saja ya sayuran itu?

Tomat termasuk salah satu jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Menurut dr Karin Wiradarma dari Klikdokter.com, sifat asam dari tomat jika dikonsumsi terlalu banyak atau dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain yang bersifat asam, seperti jeruk, lemon, dan lainnya dapat menimbulkan sakit maag.

Tidak hanya itu, konsumsi tomat berlebihan dapat meningkatkan risiko kembalinya asam lambung yang lari ke kerongkongan, atau disebut juga dengan reflux atau GERD. Kondisi ini dapat memberikan gejala seperti rasa nyeri atau panas di dada serta sesak napas.

Mengutip laman Klikdokter.com, Senin (14/8/2017) berikut jenis sayuran lain yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

1. Bayam

Bayam memang menawarkan zat besi, lutein dan karotenoid yang bermanfaat untuk mencegah anemia dan membantu menjaga kesehatan mata. Namun, konsumsi bayam yang berlebihan ternyata tidak baik karena mengandung tinggi oksalat, zat yang dapat mengkristal menjadi batu ginjal bila dikonsumsi berlebihan.

2. Brokoli

Terlalu banyak mengonsumsi brokoli terlebih bersamaan dengan sayuran lainnya seperti kol dapat membuat perut Anda kembung dan begah.

3. Wortel

Sayuran jenis ini kaya akan vitamin A yang baik untuk mata dan kulit. Sayangnya, jika dikonsumsi setiap hari dalam jumlah banyak, kulit Anda dapat berubah warna menjadi oranye.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.