Sukses

Bukan Jerawat, Waspadai 3 Masalah Kulit Ini

Liputan6.com, Jakarta Meski umumnya masalah kulit yang paling sering melanda semua orang ialah jerawat, tapi ada beberapa masalah kulit yang masih jarang disadari. Padahal beberapa masalah kulit berikut ini membutuhkan penanganan medis. Apa sajakah itu?

Dermatolog asal Florida, Adam Plotkin, M.D, mengatakan paparan sinar matahari dan aktivitas sehari-hari yang tidak disadari dapat menyebabkan kulit mengalami berbagai masalah. Bahkan besar kaitan antara sinar matahari dengan penuaan dan kanker kulit.

Melansir laman Women's Health, Minggu (13/8/2017) berikut masalah kulit yang harus diwaspadai dengan penanganan medis.

1. Tahi lalat membesar

Umumnya setiap individu memiliki tahi lalat di tubuhnya, tapi coba perhatikan tahi lalat yang Anda punya, apakah ukurannya tidak konsisten?

Perubahan ukuran dan bentuk dari tahi lalat dapat menandakan masalah kulit yang harus segera ditangani. Menurut Plotkin, pada beberapa kasus, tahi lalat bisa berubah akibat terkena paparan sinar matahari.

"Jika Anda menemukan tahi lalat atau bintik yang mengkhawatirkan, segera periksakan. Setidaknya enam bulan sekali untuk mencegah terjadinya masalah kulit terutama kanker kulit," kata Plotkin.

2. Ruam

Ruam yang terasa gatal dan menebal pada permukaannya perlu mendapatkan penanganan medis.

3. Kulit kepala gatal dan rambut rontok

Area kepala khususnya pada kulit kepala menjadi tempat yang sulit untuk dijangkau mata. Namun, Plotkin mengatakan jika Anda mengalami kerontokan rambut yang muncul dengan rasa gatal bisa menandakan gejala dari masalah kulit psoriasis, yang terjadi akibat penggunaan zat kimia dari produk rambut.

Artikel Selanjutnya
5 Tanda Anda Berurusan dengan Jerawat Hormonal
Artikel Selanjutnya
Jangan Coba-Coba 6 Perawatan Kulit Ini Sendiri di Rumah