Sukses

Flu Datang, Segera Minum Teh Hitam

Liputan6.com, Jakarta Saat merasa bakal flu --ditandai dengan tenggorokan tak nyaman, demam, hidung meler, bersin-bersin-- biasanya kita segera mengasup vitamin C agar tak makin parah. Namun, tak ada salahnya kini mencoba minum teh hitam. Ya, sebuah studi terbaru mengungkap potensi minum teh hitam dalam menghalau flu datang. 

Di dalam teh hitam terdapat flavonoid membantu bakteri di usus melawan infeksi dan mencegah flu berat. Selain di teh hitam, flavonoid juga ada di anggur merah dan blueberry seperti disampaikan peneliti dari Washington University School of Medicine, Amerika Serikat.

Hasil studi ini dipublikasikan dalam jurnal Science belum lama ini. Setelah melakukan uji coba pada tikus, hasilnya flavonoid pada teh hitam, anggur merah, dan blueberry membuat mikroba usus menciptakan sebuah kondisi yang meningkatkan kekebalan tubuh.

"Selama bertahun-tahun, flavonoid diyakini memiliki sifat yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi. Dalam penelitian kami, flavonoid bekerja sama dengan mikroba usus untuk melindungi dari flu dan infeksi virus lain," kata penulis studi Ashley Steed.

"Ini hasil studi yang menarik, tapi kita perlu mempelajari lebih lanjut," kata Steed mengutip Independent, Jumat (11/8/2017).

Namun, penelitian ini baru dilakukan pada tikus. Diperlukan studi lanjutan lagi. Jadi, saat flu sudah parah jangan hanya minum teh hitam saja, segera ke dokter untuk memeriksakan diri.

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Artikel Selanjutnya
Usai Konsumsi Minuman Manis, Kenapa Masih Haus?
Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas